Kirab dari Monas ke Istana
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar sejumlah acara memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-78 RI mulai dari Upacara 17 Agustus hingga pesta rakyat bertajuk "Gemilang Silang Monas" di kawasan Monumen Nasional (Monas).

"Besok saat 17 Agustus jam 06.30 WIB akan ada upacara di Monas. Kegiatannya setelah itu, seluruh karyawan yang hadir akan mengikuti arak-arakan kirab secara khidmat dari cawan Monas menuju Istana Negara," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa.
 
Prosesi kirab sendiri untuk mengarak benda bersejarah seperti teks proklamasi asli dan bendera pusaka merah putih. Nantinya, pasukan kirab diikuti peserta dari beragam elemen masyarakat, mulai dari pelajar hingga ibu-ibu berkebaya. Kirab juga dimeriahkan dengan kuda kereta kencana yang akan menambah semarak acara.
 
"Kirab dari Monas ke Istana itu ada kirab kereta kuda, kirab pasukan, kirab anak pelajar, kirab ibu-ibu berkebaya. Di tengahnya nanti ada kereta kencana seperti tahun lalu," ujar Heru.
 
Selepas kirab, Pemprov DKI bakal mengajak masyarakat menyaksikan jalannya upacara 17 Agustus di Istana Negara. Heru menyebut, nantinya Pemprov DKI menyiapkan videotron di sejumlah titik.

"Selanjutnya, Pemda DKI menyiapkan videotron di titik tertentu untuk bisa karyawan yang tadi upacara dan lainnya bisa melihat dari TV LED yang sudah disiapkan oleh Pemda DKI untuk mengikuti prosesi upacara detik-detik proklamasi di istana," jelas Heru.
 
Kemudian, setelah upacara penurunan bendera, Pemprov DKI menyiapkan berbagai acara hiburan bagi masyarakat bertajuk "Gemilang Silang Monas" pada pukul 18.30 WIB hingga 21.00 WIB. Acara hiburan tersebut dimeriahkan aksi panggung hingga video mapping dan terbuka untuk umum.
 
"Selesai 17.45 di Istana dilanjutkan hiburan masyarakat 18.30 di Monas, ada hiburan, video mapping dan lain-lain sampai pukul 21.00," ucap Heru.
 
Sebelumnya, Heru mengukuhkan 42 anggota Paskibraka Provinsi DKI Jakarta yang terdiri dari 21 laki-laki dan 21 wanita di Balai Agung, Selasa sore.
 
Pasukan pengibar bendera pusaka tersebut akan bertugas pada Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (HUT RI) pada Kamis (17/8) di Monumen Nasional, Jakarta Pusat.
 
Heru berpesan agar bersemangat dalam mengemban amanah terhormat yang diberikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengibarkan bendera merah putih.
 
"Pesan khusus selamat bertugas, selamat berprestasi, dan selamat belajar," tegas Heru didampingi Asisten Kesejahteraan Sekda DKI Jakarta Widyastuti, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Andriyansyah, dan Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Syaefuloh Hidayat.

Baca juga: Pemprov DKI awali pemberian imunisasi rotavirus di RPTRA Garuda

Baca juga: Pemprov DKI perkuat stok pangan jadi dua kali lipat hadapi El Nino

Baca juga: DKI kemarin, sistem kerja hibrida hingga kebakaran Halte Tendean

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023