Jakarta (ANTARA) - Tim gabungan dari Polsek Metro Taman Sari, Koramil Taman Sari, Sat Pol PP, Satgas Sudin Perhubungan dan Satgas Pemadam Kebakaran merazia penghuni dari sejumlah rumah kos di Pinangsia, Jakarta Barat, guna mencegah tindak kejahatan.

"Dalam kegiatan tersebut, petugas dari masing-masing lembaga terkait bekerja sama untuk mengumpulkan informasi mengenai para penghuni kos-kos di wilayah tersebut (Pinangsia)," kata Adhi di Jakarta pada Selasa.

Dalam penyidakan tersebut, pihaknya juga mendatangkan Tim Inafis dari Polres Metro Jakarta Barat yang membawa Mobile Automated Multi-Biometric Identification System (Mambis) atau alat pendeteksi identitas untuk memudahkan dalam pendataan.

"Tujuan utama dari pendataan ini adalah untuk memastikan bahwa identitas dan latar belakang para penghuni kos-kos telah diverifikasi dengan benar," kata Adhi.

Lebih lanjut, Adhi menyebut langkah tersebut diambil sebagai langkah awal untuk mencegah terjadinya potensi kejahatan yang bisa terjadi di lingkungan kos-kos, khususnya di wilayah Taman Sari.

Selain itu, lanjut Adhi, pendataan juga dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi seperti nama, alamat asal, nomor identitas, dan alasan menghuni kos-kos.

"Selain itu, petugas juga melakukan verifikasi keabsahan identitas para penghuni untuk memastikan bahwa tidak ada individu yang berusaha menyembunyikan identitas atau terlibat dalam aktivitas ilegal," kata dia.

Dengan mengidentifikasi dan memverifikasi para penghuni kos-kos, kata Adhi diharapkan potensi resiko kejahatan dapat diminimalisasi, serta membantu penegakan hukum jika diperlukan.

"Allhamdulillah, warga sekitar Kelurahan Pinangsia memberikan respon positif terhadap kegiatan ini. Mereka merasa bahwa langkah ini akan membantu meningkatkan keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polsek Metro Taman Sari," kata Adhi.

Pada kesempatan yang sama, Camat Taman Sari, Tumpal mengatakan, kegiatan penyidakan dilakukan pada enam kos yang berada di wilayah Pinangsia.

"Terdapat enam kos yang kami lakukan pengawasan dan pendataan. Dari enam kos tersebut, ada tiga warga yang kedapatan tidak membawa KTP," kata dia.

Tumpal menyebut, dari hasil koordinasi dengan Polsek Metro Taman Sari, alhamdulillah tidak ada hasil yang berkaitan dengan tindak pidana.

"Kegiatan serupa akan kami lakukan bergiliran di setiap kelurahan di Kecamatan Taman Sari," tutupnya.

Baca juga: Tim gabungan jaring sembilan pasangan tidak resmi di Purwokerto

Baca juga: Empat pasangan di luar nikah terjaring razia di Madiun

Baca juga: Petugas gabungan razia indekos di Banyumas

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023