Jakarta (ANTARA/JACX) - Muncul sebuah klaim di media sosial yang menyebutkan pemberian obat cacing gratis di sekolah merupakan bentuk penyusutan penduduk (depopulasi) yang dilakukan pemerintah.

Unggahan tersebut muncul pada pekan kedua Agustus 2023.  Berikut narasi yang beredar di Facebook pada 12 Agustus:
"Hati2 dgn segala pemberian dr mereka secara gratis yg ujung2nya pasti cmn buat depopulasi..obat cacing di salurkan ke semua skolah2 secara gratis yg lucunya anak2 sekolah hrs minum didepan para nakes..sementara jika obatnya dibawa ke rmh sdh pasti ortu yg lebih jitu dlm soal mengajarkan anak buat minum obat2an..kira2 aman nggk ya?,".

Obat cacing atau antihelmintik, secara luas, diketahui bermanfaat untuk mengatasi infeksi cacing pada usus serta bagian tubuh lainnya, yang dikenal sebagai penyakit cacingan. Obat itu membuat cacing dalam tubuh tidak dapat tumbuh dan berkembang biak, kemudian mati dan terbawa keluar bersama kotoran.

Lalu, benarkah penyaluran obat cacing ke sekolah menjadi upaya depopulasi oleh pemerintah?
 
Tangkapan layar narasi hoaks yang menyatakan penyaluran obat cacing ke sekolah sebagai upaya depopulasi (Facebook)


Penjelasan:
Dari penelusuran ANTARA, konsumsi obat cacing tidak sebabkan kematian, sehingga anggapan bahwa penyaluran obat cacing sebagai upaya depopulasi oleh pemerintah adalah menyesatkan.

Mengutip Alodokter, sejumlah efek samping dari memakan obat cacing di antaranya adalah nyeri otot, lemas, keringat berlebih, serta mengantuk. Selain itu dampak mengonsumsi obat cacing meliputi sakit kepala, sakit perut, dan nyeri sendi. Tidak ada efek kematian dalam daftar tersebut. 

Di sisi lain, jika cacingan tidak diobati maka penderita berpotensi mengalami gangguan kesehatan, gizi buruk, menurunnya tingkat kecerdasan, yang tentu saja akan berdampak pada produktivitas sumber daya manusia, baik sosial maupun ekonomi, sebagaimana dilaporkan Dinkes Provinsi NTB.

Penyakit cacingan juga berbahaya karena masuk kategori penyakit menular, yang mana anak-anak termasuk kelompok rentan. Cacing kremi bisa masuk ke dalam tubuh anak diantaranya melalui tanah, sprei tempat tidur, kuku panjang, handuk dan pakaian.

Kemenkes melaporkan Pemberian Obat Pencegahan Secara Massal Cacingan (POPM Cacingan) merupakan pemberian obat cacing secara serentak kepada semua penduduk sasaran di wilayah berisiko cacingan, sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan cacingan.

Klaim: Penyaluran obat cacing ke sekolah sebagai upaya depopulasi
Rating: Disinformasi

Baca juga: Dokter: Ivermectin dapat menjadi alternatif pengobatan COVID-19

Baca juga: Anus gatal di malam hari? bisa jadi tanda cacingan

Baca juga: Cacingan tak cukup diatasi dengan obat cacing

 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023