Untuk Proyek Tol Akses Pelabuhan Patimban sudah lelang, tinggal penetapan pemenang kemudian mulai konstruksi
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan lelang Proyek Jalan Tol Akses Pelabuhan Patimban dalam tahap penetapan pemenang.

"Untuk Proyek Tol Akses Pelabuhan Patimban sudah lelang, tinggal penetapan pemenang kemudian mulai konstruksi," ujar Basuki di sela-sela Konferensi Pers Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2024 di Jakarta, Rabu.

Jalan Tol Akses Pelabuhan Patimban dibangun sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN). Pembangunan tol ini untuk memperkuat area jaringan jalan yang menghubungkan ke Kawasan Pelabuhan Patimban, dalam rangka mempermudah aktivitas angkutan logistik.

Dengan demikian, tujuan dari pembangunan jalan tol ini mampu meningkatkan aktivitas ekspor yang bersumber dari kawasan industri di sekitar Cikarang-Cibitung-Karawang hingga Cikampek menuju Pelabuhan Patimban.

Jalan Tol Akses Patimban memiliki total panjang 37,05 km dan nantinya terkoneksi dengan Jalan Tol Cikampek – Palimanan di sisi Selatan dan terkoneksi dengan Pelabuhan Patimban di sisi Utara.

Terdapat 5 seksi, yaitu Seksi 1 Junction Cipeundeuy – Simpang Susun (SS) Cipeundeuy (2,65 Km), Seksi 2 SS Cipeundeuy – SS Pasir Bungur (10,06 Km), Seksi 3 SS Pasir Bungur – SS Tambak Dahan (16,10 km), Seksi 4 SS Tambak Dahan - SS Pusakanegara (7,11 Km), dan Seksi 5 SS Pusakanegara – Patimban (1,13 Km).

Dalam kesempatan sama, Basuki juga menyampaikan progres PSN jalan tol lainnya yakni Proyek Jalan Tol Serang - Panimbang yang ditargetkan selesai pada tahun depan.

"Untuk Tol Serang - Panimbang ditargetkan selesai pada tahun depan," katanya.

Sementara untuk Tol Semarang - Demak, yang juga merupakan salah satu PSN jalan tol, Basuki mengatakan pembebasan lahannya baru dilaksanakan saat ini.

"Pembebasan lahannya baru dilakukan sekarang, di mana yang tadinya lahan untuk tol tersebut adalah tanah musnah menjadi tanah tidak musnah. Sekitar 40 persen pemilik lahan yang siap melakukan reklamasi, setelah itu lahan mereka dilakukan proses penaksiran atau appraisal," katanya.

Sebagai informasi, Kementerian PUPR berharap tiga PSN jalan tol yakni Tol Akses Pelabuhan - Patimban, Tol Semarang - Demak, dan Tol Serang - Panimbang dapat selesai pada tahun depan.

Baca juga: KJL memulai pengiriman Cargo Project melalui Pelabuhan Patimban Internasional
Baca juga: Menteri PUPR targetkan Tol Akses Patimban rampung September 2024

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023