Saya mempersembahkan Bintang Jasa Utama ini kepada Ida Bethara Kawitan, para leluhur, yang sangat berjasa dalam membentuk saya seperti saat ini
Jakarta (ANTARA) - Koordinator Staf Khusus Presiden RI AA GN Ari Dwipayana mempersembahkan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama yang diperoleh dari Presiden Joko Widodo kepada para leluhur atau Ida Bethara Kawitan.

“Saya mempersembahkan Bintang Jasa Utama ini kepada Ida Bethara Kawitan, para leluhur, yang sangat berjasa dalam membentuk saya seperti saat ini. Saya tidak akan bisa mencapai posisi dan prestasi seperti saat ini, kalau tidak atas kehendak pasuecan, Ida Bethara, khususnya Ida Bethara Kawitan di Puri Kauhan Ubud,” kata Ari dalam siaran pers di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan langkah pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara adalah mengikuti jejak langkah yang sudah dirintis oleh para leluhur.

Dia berharap anugerah Bintang Jasa Utama itu menjadi motivasi bagi dirinya untuk berbuat lebih baik lagi, lebih besar lagi untuk nusa dan bangsa. Dan juga bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak muda, khususnya di Bali untuk berkarya dan berprestasi setinggi-tingginya, dengan tetap selalu mengakar pada kearifan budaya dan membumi pada masyarakat.

Sebelumnya, Ari Dwipayana menjadi salah satu penerima Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama dari Presiden Joko Widodo. Acara penganugerahan tanda kehormatan tersebut digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Senin, 14 Agustus 2023 lalu.

Baca juga: Dua Staf Khusus Presiden dianugerahi Bintang Jasa Utama

Secara resmi, Presiden Jokowi menganugerahkan tanda kehormatan tersebut kepada 18 penerima melalui Keputusan Presiden RI tertanggal 7 Agustus 2023. Presiden Jokowi menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama kepada Ari Dwipayana berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 68/TK/Tahun 2023. Bintang Jasa Utama diberikan Presiden setelah mendapatkan usulan dan pertimbangan dari Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan (GTK) yang dipimpin oleh Mahfud MD.

Bintang Jasa Utama adalah tanda kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk menghormati seseorang atas jasa dan perjuangannya terhadap negara dan bangsa dalam suatu bidang, peristiwa, atau hal tertentu.

Bintang Jasa Utama merupakan kelas tertinggi dari Bintang Jasa. Kelas ini dipakai setara dengan Bintang Kemanusiaan, Bintang Penegak Demokrasi Utama, Bintang Budaya Parama Dharma, Bintang Gerilya, Bintang Sakti, Bintang Dharma, serta tanda jasa medali. Bintang ini berada setingkat di bawah Bintang Mahaputera. Penerima tanda kehormatan Jasa Utama mendapatkan bintang dalam bentuk kalung, patra, dan miniatur.

Pada Kamis hari ini, Ari Dwipayana juga menghadiri Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka. Hadir pada upacara tersebut, Presiden RI Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, serta Wakil Presiden RI Maruf Amin bersama istri Wury Maruf Amin, Pimpinan Lembaga-lembaga Negara, Para Menteri Kabinet Indonesia Maju, dan undangan lainnya.

Baca juga: Iriana: Pak Jokowi tak pernah cerita soal pemberian tanda kehormatan
Baca juga: Kemendikbud: Tiga begawan budaya raih tanda kehormatan dari Presiden


Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023