Kirab tampak diiringi dengan lagu-lagu kebangsaan, termasuk di antaranya Indonesia Raya, Hari Merdeka, Maju Tak Gentar, serta mars dan himne PDIP
Jakarta (ANTARA) - DPP PDI Perjuangan (PDIP) menggelar kirab 17 Agustus sebelum memulai upacara penaikan bendera merah putih dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 RI, di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta, Kamis.

Kirab yang menampilkan muda-mudi mengenakan pakaian adat serta marching band tersebut dimulai pada pukul 07.20 WIB dan diawali dari Lapangan Futsal Galaxi menuju lokasi dilaksanakannya upacara.

Kirab tampak diiringi dengan lagu-lagu kebangsaan, termasuk di antaranya Indonesia Raya, Hari Merdeka, Maju Tak Gentar, serta mars dan himne PDIP.

Selain itu, tampak pula perangkat, badan, dan sayap DPP PDIP, DPC PDIP Jakarta Selatan, dan Sekretariat DPP PDIP bergabung dalam kirab tersebut. Mereka kompak mengenakan seragam PDIP yang identik dengan warna merah.

Masyarakat yang melintas di kawasan Jalan Raya Lenteng Agung pun turut mengabadikan kemeriahan kirab tersebut. Tak lupa, bendera Merah Putih dikibarkan selama kirab.

Menurut Kepala Sekretariat DPP PDIP Yoseph Aryo Adhi Dharmo, kirab tersebut merupakan wujud kegembiraan menyambut HUT Ke-78 RI. Di sisi lain, pihaknya juga akan menyelenggarakan sejumlah perlombaan yang bersifat kelompok dan perorangan.

"Lomba 17-an terdiri atas lomba bakiak, lomba memasukkan paku ke dalam botol, lomba memindahkan sarung, lomba main bola pakai corong minyak, lomba makan kerupuk serta lomba memasukkan belut ke dalam botol," ucap Adhi sebagaimana keterangan tertulisnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto bersama Ketua DPP Ribka Tjiptaning dan Wakil Bendahara PDIP Rudianto Tjen menyapa dan melambaikan tangan ke para peserta kirab saat tiba di Sekolah Partai DPP PDIP.

Lebih lanjut, Hasto Kristiyanto bertindak selaku inspektur upacara dan menyampaikan amanatnya pada upacara tersebut.

Baca juga: Hasto ikuti "Banteng Gowes Kemerdekaan" di Pontianak
Baca juga: DPP PDI Perjuangan tabur bunga di TMP Kalibata
Baca juga: Hasto dan pimpinan PDIP ikuti lomba makan kerupuk

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023