Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri menyatakan secara keseluruhan upacara peringatan HUT Ke-78 RI di Tanah Papua berlangsung aman, meski sehari sebelumnya (16/8) sempat terjadi insiden di Nduga.

"Secara keseluruhan tidak ada laporan yang menonjol dan upacara berlangsung aman, termasuk di beberapa daerah yang masuk kategori rawan keamanan. Aparat keamanan TNI-Polri terus bersiaga guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, " kata Irjen Pol Fakhiri di Jayapura, Kamis.

Didampingi Pangdam XVII/Cenderawasih, Kapolda Papua mengaku, beberapa hari sebelum HUT Ke-78 RI memang sempat terjadi gangguan keamanan di beberapa daerah seperti di Kabupaten Lanny Jaya dan Kabupaten Nduga.

Baca juga: Lantamal X Jayapura kibarkan bendera Merah Putih di bawah laut

Rabu (16/8) tercatat tiga warga sipil meninggal setelah ditembak KKB di Nduga. Selain itu, insiden terbakarnya kantor KPU di Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis pagi (17/8).

Ketika ditanya pesan kepada generasi muda, Irjen Pol Fakhiri mengajak generasi muda Papua untuk mengisi kemerdekaan dengan tindakan nyata dan membangun sehingga pembangunan semakin maju dan dirasakan masyarakat.

"Mari bangun Tanah Papua agar kesejahteraan makin dirasakan seluruh masyarakat, " ajak Kapolda Papua Irjen Pol Fakhiri.

Wilayah kerja Polda Papua meliputi Provinsi Papua, Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Provinsi Papua Selatan.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023