Kami dari Konjen Australia di Surabaya mewakili bangsa Australia.
Semarang (ANTARA) - Sejumlah perwakilan negara tetangga menghadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di Lapangan Pancasila, Kawasan Simpang Lima, Semarang, Kamis.

Perwakilan negara tetangga yang hadir memenuhi undangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo itu adalah perwakilan Konsulat Jenderal Australia di Indonesia Fiona Hoggart, Duta Besar Singapura untuk Indonesia Kwok Fook Seng, dan perwakilan Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok Lai Dan.

"Terima kasih sekali sudah datang," kata Ganjar saat menemui perwakilan negara tetangga usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-78 RI.

Sebagai perwakilan negara sahabat, perempuan yang mengenakan kebaya warna merah itu menyampaikan apresiasi karena Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengundangnya dalam Upacara Peringatan HUT Ke-78 RI.

"Kami dari Konjen Australia di Surabaya mewakili bangsa Australia. Hari yang sangat istimewa bagi negara tetangga, negara sahabat Indonesia, yaitu Hari Kemerdekaan Indonesia, Dirgahayu Indonesia,” kata Fiona.

Ia melanjutkan, "Kami sangat senang mendapat kesempatan ini untuk mengucapkan congratulations, selamat kepada Bapak Gubernur Jawa Tengah dan kepada semua bangsa dari Provinsi Jawa Tengah dari kami Australia. Matur nuwun," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Dubes Singapura untuk Indonesia Kwok Fook Seng yang mengaku senang bisa hadir di upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia di Jawa Tengah.

"Kami senang bisa hadir di upacara di Semarang ini. Saya mengucapkan salam hangat selamat atas peringatan kemerdekaan Indonesia ini," katanya.

Saat membacakan amanat upacara, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dari berbagai kalangan seperti petani, nelayan, buruh pabrik, hingga aparatur sipil negara.

"Mereka telah banyak bekerja keras mewujudkan impian para pejuang kemerdekaan, yakni kemakmuran hingga kemajuan Indonesia, dan itu bukan kerja satu golongan atau satu orang saja," ujarnya.

Baca juga: Otoritas IKN-Kadin adakan "upacara pertama" HUT RI
Baca juga: Dentuman dan sirine tandai upacara HUT ke-78 RI di Grahadi Surabaya

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023