"Selain faktor 'human error' (kesalahan manusia), kami menilai kecelakaan di jalan raya bisa juga karena kondisi jalan yang bergelombang,"
Batang (ANTARA) - Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah, memberikan tanda bercat putih pada sejumlah titik jalan bergelombang di sepanjang jalur pantai utara sebagai upaya mencegah terjadinya kecelakaan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Batang AKP Agus Pardiyono Marinus di Batang, Kamis, mengatakan bahwa penyebab utama kecelakaan di jalur pantura karena kondisi jalan yang bergelombang sehingga pengendara kendaraan harus hati-hati.

"Selain faktor 'human error' (kesalahan manusia), kami menilai kecelakaan di jalan raya bisa juga karena kondisi jalan yang bergelombang," katanya.

Agus Pardiyono Marinus menilai titik-titik jalan bergelombang tersebut perlu mendapatkan perhatian serius agar tidak menimbulkan kerawanan kecelakaan.

"Oleh karena itu, kami akan melacak beberapa jalan yang terindikasi dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas," katanya.

Menurut dia, beberapa jalan yang bergelombang tersebut antara lain berada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman mulai dari depan Gereja Santo Yusup hingga jalan depan Hutan Kota Rajawali, serta jalan arah Pasekaran.

Polres, kata dia, sudah menyampaikan kondisi beberapa jalan yang bergelombang tersebut pada instansi terkait agar segera melakukan perbaikan.

"Sudah kami laporkan agar kondisi jalan yang bergelombang itu agar segera diperbaiki. Oleh karena, kami minta pengendara agar berhati-hati saat melalui sejumlah jalan yang bergelombang itu," katanya.***2***

 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023