Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Ribuan pendaki Gunung Api Bukit Kaba, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mengibarkan bendera raksasa pada peringatan HUT Kemerdekaan ke 78 Republik Indonesia pada Kamis pagi.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bukit Kaba Yulian Adi Pratama mengatakan para pendaki yang datang ini berasal dari berbagai kecamatan di Rejang Lebong kemudian dari Kota Bengkulu, kemudian dari Provinsi Sumatera Selatan, Jambi dan daerah lainnya, di mana para pendaki sudah tiba sejak Rabu sore (16/8).

"Tadi pada peringatan detik-detik proklamasi HUT Kemerdekaan ke 78 RI dilakukan upacara dengan mengibarkan bendera merah putih ukuran 30 x 15 meter yang diikuti ribuan pendaki. Bendera raksasa ini dibentangkan di kawasan puncak Bukit Kaba," kata dia.

Dia menjelaskan, upacara peringatan HUT Kemerdekaan di puncak Bukit Kaba kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang biasanya dimulai sekitar pukul 08.00 WIB, tetapi kali ini dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Hal ini dilakukan menyusul kabut tebal menutupi kawasan puncak Bukit Kaba dari pagi hingga siang.

Baca juga: Ribuan pendaki Bukit Kaba kibarkan bendera raksasa peringati HUT RI

Baca juga: Pencinta alam perbaiki jalur pendakian Bukit Kaba Rejang Lebong


Pembentangan Bendera Merah Putih raksasa ini, kata dia, dilakukan di kawasan Bukit Gajah salah satu bukit yang ada di kawasan puncak Bukit Kaba. Lokasi ini memang sudah menjadi lokasi rutin pembentangan bendera raksasa setiap tahunnya.

Menurut dia, pembentangan bendera raksasa itu sendiri dilaksanakan oleh anggota Pokdarwis Desa Sumber Urip bekerja sama dengan beberapa komunitas pecinta alam salah satunya dengan Sapta Marga Pencinta Alam (Sapata) SMAN 4 Rejang Lebong.

Pada pelaksanaan upacara bendera tersebut, tambah dia, diikuti oleh ribuan pendaki yang sebelumnya telah bermalam dengan mendirikan tenda di kawasan danau yang ada di bagian bawah Bukit Kaba, bertindak sebagai inspektur upacara Kasi Ops Basarnas Bengkulu Agung S.

Sementara itu untuk jumlah pendaki yang naik ke Bukit Kaba pada 16 Agustus  menurut dia mencapai 3.000 orang. Para pendaki ini ada yang sudah mendirikan tenda sejak Selasa dan Rabu (15-16/8), dan sebagian lagi naik pada Kamis pagi.

Hendri (19) salah seorang pendaki asal Kota Bengkulu mengatakan, dirinya sengaja datang ke Bukit Kaba untuk mengikuti upacara bendera HUT Kemerdekaan RI ke 78 bersama dengan rombongan.

Baca juga: Pemkab Rejang Lebong usulkan penggunaan lain TWA Bukit Kaba 1.000 ha

Baca juga: BKSDA tidak batasi jumlah pendaki Bukit Kaba

 

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023