Palembang (ANTARA) - Asosiasi Pempek (Aspek) menginisiasi lomba pembuatan tumpeng dengan bahan utama pempek dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Palembang, Kamis.

Sekretaris Aspek Ita mengatakan kegiatan itu juga untuk menunjukkan semangat nasionalisme.

“Dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI, kami melakukan perlombaan tersebut untuk menunjukkan semangat nasionalisme, dengan menjunjung tinggi sportivitas dan kebersamaan,” katanya.

Kegiatan tersebut, katanya, juga untuk mengapresiasi dan memperkenalkan kuliner khas Palembang, pempek, kepada masyarakat.

“Jadi masyarakat lebih mengenal pempek, tidak hanya sebagai makanan, akan tetapi juga bisa sebagai hiasan dalam berbagai acara, baik formal maupun nonformal,” katanya.

Baca juga: HUT RI, petugas pemakaman ikut lomba mancing di selokan TPU Malaka I

Ia menjelaskan perlombaan diikuti 20 peserta secara antusias, diwujudkan dengan tampilan tumpeng pempek karya mereka yang kreatif.

“Dalam memberikan penilaian ini tidak hanya sekadar terlihat bagus, namun juga harus memiliki cita rasa, higienis, dan kebersihan menjadi poin penilaian dari para juri,” ucapnya.

Pemenang lomba mendapatkan hadiah berupa uang dan peralatan memasak. Peraih juara pertama mendapatkan uang Rp3 juta, juara kedua Rp2 juta, juara ketiga Rp1 juta, sedangkan juara harapan pertama dan kedua mendapatkan peralatan memasak.

“Hadiah ini sebagai bentuk apresiasi untuk para pemenang, dan diharapkan dapat mengembangkan kreativitas mereka dalam membuat tumpeng pempek,” kata Ita.

Baca juga: Sejumlah desainer puji busana adat Jokowi pada upacara HUT ke-78 RI
Baca juga: Mahasiswa USK kibarkan bendera Merah Putih di bawah laut Aceh Besar

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023