Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto menekankan pentingnya kerja keras dan kolaborasi masyarakat Indonesia di Korsel untuk membangun Indonesia.

Hal ini disampaikan Sulistiyanto usai melaksanakan upacara memperingati HUT RI ke-78 di KBRI Seoul, Korea Selatan,

"Sesuai tema HUT ke-78 RI yaitu Terus Melaju untuk Indonesia Maju, KBRI Seoul berkomitmen melanjutkan estafet perjuangan membangun Indonesia dari Negeri Ginseng melalui kerja sama bidang strategis dengan Korsel serta memberikan pelayanan optimal bagi seluruh WNI di sini," kata Sulistiyanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Upacara di KBRI Seoul dilaksanakan dua kali yaitu pengibaran bendera pada pukul 09.00 waktu setempat dengan Inspektur Upacara Dubes RI dan Komandan Upacara oleh Atase Pertahanan Kolonel (Pnb) Akal Juang.

Sementara untuk penurunan bendera dilaksanakan pada 17.00 waktu setempat dengan Inspektur Upacara Wakil Kepala Perwakilan KBRI Zelda Wulan Kartika dan Komandan Upacara Mayor Inf. Robertus Asep K.

Sebelum upacara berakhir, Duta Besar RI di Seoul menyematkan tanda Satya Lancana Karya Satya XX Tahun kepada dua aparatur sipil negara yang bertugas di KBRI Seoul yaitu Atase Imigrasi dan Minister Counsellor/Koordinator Fungsi Ekonomi Kreatif dan Digital, Percepatan Start Up dan Diplomasi Publik.

Upacara dihadiri 150 peserta yang terdiri dari pejabat dan staf KBRI, Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Busan, Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) Seoul, Dharma Wanita Persatuan KBRI Seoul, sejumlah BUMN di Seoul.

Dalam rangka memperingati HUT RI ke-78, KBRI Seoul telah menyelenggarakan rangkaian kegiatan sejak 29 Juli seperti jalan santai, permainan bersama keluarga, pertandingan bowling, dan olahraga catur serta tenis meja.

Baca juga: Dubes: kegiatan HUT RI wujud kolaborasi persatuan warga di luar negeri
Baca juga: Dubes: Tema HUT RI ke-78 refleksikan semangat Indonesia

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2023