Jakarta (ANTARA) - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kemenkominfo) memberikan apresiasi khusus bagi para operator telekomunikasi demi mengeratkan kemitraan yang selama ini terbangun untuk pemanfaatan layanan Palapa Ring sebagai penyedia konektivitas digital bagi masyarakat.

"Acara apresiasi ini memang rutin kita adakan karena kami memahami bahwa infrastruktur yang dibangun oleh BAKTI tidak akan bisa maksimal tanpa pelanggan yang bekerja sama dengan kami. Kami ingin acara ini meningkatkan kemitraan dengan pelanggan kami," kata Kepala Divisi Layanan Telekomunikasi dan Informasi Badan Usaha BAKTI Kemenkominfo Ade Dimijanty Sirait di Balikpapan, Kamis.

Ajang apresiasi kepada para pelanggan operator telekomunikasi itu menjadi bagian dari rangkaian acara BAKTI Kemenkominfo mengadakan customer gathering yang berlangsung sejak Senin (14/8) dengan perjalanan dimulai dari Sendawar, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur yang masuk dalam bagian daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Baca juga: BAKTI ajak opsel tinjau dan kenali potensi konektivitas NOC Sendawar 

Adapun para operator telekomunikasi yang terlibat dalam kegiatan customer gathering itu adalah Indosat, Telkom, Icon+, Trans Indonesia Superkoridor (TIS), Moratel, EBTel, Trans Hybrid Communication (THC), serta Telkomsel.

Dalam acara tersebut para operator telekomunikasi diajak untuk melihat proyek 4 Palapa Ring Tengah dengan rute Sendawar-Long Bangun hingga melihat pemanfaatan penggunaan internet di salah satu desa layanan yaitu Desa Muyub Ulu.

Acara lainnya juga diadakan di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dengan memberikan edukasi pemanfaatan ekosistem layanan digital kepada para pelajar di SMKN 5 Penajam Paser Utara.

Baca juga: BAKTI giatkan literasi dukung pemanfaatan ekosistem digital di IKN

Ade mengharapkan dengan mempererat kemitraan bersama para pelanggan maka akan lebih banyak lagi operator telekomunikasi yang tertarik untuk menggunakan jasa layanan sewa memanfaatkan Palapa Ring yang merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi nasional besutan BAKTI Kemenkominfo.

Dengan demikian masyarakat di daerah layanan Palapa Ring Tengah khususnya yang merupakan daerah penyangga IKN Nusantara bisa memiliki akses internet dan digital yang lebih optimal.

"Kami ingin ada lebih banyak pelanggan yang tertarik menggunakan Proyek 4 Palapa Ring posisinya tidak hanya sebagai tenant saja tapi sebagai mitra kerja sama. Sehingga lebih banyak lagi pengguna yang bisa dilayani dan manfaat dari Palapa Ring semakin jelas bisa dirasakan masyarakat," kata Ade.

Baca juga: Menkominfo uji coba jaringan Palapa Ring Tengah

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023