juga melibatkan puskesmas
Balikpapan (ANTARA) - Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (LPM UI) dan PT Kimia Farma (Persero) menyelenggarakan pelayanan kesehatan gratis bagi pekerja konstruksi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Menurut Direktur Pelayanan Dasar  Otoritas IKN, Suwito, berdasarkan pemeriksaan kesehatan terhadap 1.500 pekerja konstruksi di  IKN, pihaknya menemukan dua orang positif malaria.

”Namun temuan ini masih harus kami dalami lagi melalui pemeriksaan mikroskopis untuk memastikan,” kata dr Suwito di IKN, Kalimantan Timur, Kamis.

Melihat sifat penyebaran penyakit malaria yang ditularkan nyamuk Anopheles, dan jika hasil pemeriksaannya positif, maka kemungkinan besar kedua pekerja mengidap virus sebelum tiba di IKN.

”Ini juga kami sedang kami telusuri mengingat daerah yang ditempati IKN bukanlah tempat penyebaran malaria," kata dr. Suwito.

Selama dua hari yaitu Kamis-Jumat 17-18 Agustus sebanyak 3.000 orang pekerja konstruksi IKN mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis dari Otorita IKN bekerjasama dengan LPM UI dan Kimia Farma, serta Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan RI.

”Kami juga melibatkan puskesmas setempat yakni Puskesmas  Samboja di Kutai Kartanegara dan Puskesmas Penajam Paser Utara dalam melaksanakan pemeriksaan kesehatan.,” kata Ketua Panitia Pelayanan Kesehatan  La Ode Abdul Rahman dari LPM UI di IKN.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan diselenggarakan di Ruang Serba Guna Hunian Pekerja Konstruksi IKN.

Suwito menambahkan kegiatan pelayanan kesehatan ini digelar untuk mendukung  pembangunan IKN serta memastikan seluruh tenaga kerja dalam kondisi  sehat,  bugar, dan produktif, sehingga bisa bekerja maksimal.

Adapun pelayanan kesehatan yang diberikan antara lain  pemeriksaan tekanan darah, hingga pemberian obat bila ada keluhan kesehatan, dan vitamin bila tak ada keluhan.
Baca juga: TNI AD bentangkan Merah Putih 110x50 meter di Glamping Kota Nusantara
Baca juga: Otoritas IKN-Kadin adakan "upacara pertama" HUT RI
Baca juga: BAKTI giatkan literasi dukung pemanfaatan ekosistem digital di IKN


Pewarta: Novi Abdi
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023