Kunming (ANTARA) - China-Asia Selatan meneken 338 poyek dengan nilai Investasi senilai 404 miliar yuan atau 56,5 miliar dolar AS dalam Pameran China-Asia Selatan ketujuh serta Pameran Impor dan Ekspor Kunming China ke-27, yang diselenggarakan di Kota Kunming, Ibu Kota Provinsi Yunnan, China Barat Daya.

Proyek-proyek investasi itu berfokus pada sejumlah industri utama di Yunnan, seperti pertanian modern dengan karakteristik dataran tinggi, energi hijau, manufaktur canggih, pariwisata budaya, dan perawatan kesehatan.

Kawasan Beijing-Tianjin-Hebei, daerah Delta Sungai Yangtze, dan Kawasan Teluk Besar Guangdong-Hong Kong-Makau, yang merupakan pendorong pertumbuhan regional utama di negara itu, masih menjadi kekuatan utama investasi di Yunnan.

Sejumlah perusahaan terkemuka dari kawasan-kawasan powerhouse tersebut menggerakkan pertumbuhan ekonomi Yunnan, memanfaatkan lokasi strategis dan kekayaan sumber daya di provinsi itu, serta siap mendorong upaya Yunnan menuju pembangunan yang berkualitas tinggi.

Pameran selama lima hari yang dibuka pada Rabu (16/8) itu menarik lebih dari 30.000 ekshibitor, perwakilan, dan tamu dari 85 negara dan kawasan yang hadir baik secara daring maupun luring. Beragam acara, seperti forum kerja sama dan forum bisnis, juga dijadwalkan akan digelar selama pameran tersebut.

Dalam 10 tahun terakhir, pameran itu telah menyaksikan hubungan yang lebih erat antara China dan Asia Selatan, dengan volume perdagangan antara keduanya meningkat dua kali lipat.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Sella Panduarsa Gareta
Copyright © ANTARA 2023