Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin mendorong upaya lebih serius Indonesia untuk membantu mengatasi berbagai masalah di dunia, termasuk perang di Ukraina.

"Saya kira Indonesia memiliki kemampuan untuk secara serius berkontribusi dalam menyelesaikan masalah global yang mendesak dan besar," kata Dubes Vasyl Hamianin kepada ANTARA, Jakarta, Jumat.

Pernyataan itu adalah untuk merespons pidato kenegaraan Presiden Indonesia Joko Widodo di Sidang Tahunan MPR 2023 yang menyebutkan bahwa Indonesia memiliki kepercayaan besar dari masyarakat internasional berkat peran dan bukti nyata keberanian Indonesia dalam bersikap.

Melihat kesuksesan Indonesia memimpin forum Kelompok 20 Negara Utama (G20) dan keketuannya di Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) tahun ini, Vasyl percaya bahwa Indonesia memiliki cara ampuh untuk mempengaruhi masyarakat global dalam berbagai isu.

Baca juga: Dubes Ukraina: Indonesia miliki pengaruh kuat dalam proses global

Indonesia juga, menurut dia, memiliki semua kemampuan yang dibutuhkan untuk turut membantu menyelesaikan masalah global seperti pandemi, ekologi, perubahan iklim, termasuk juga penyelesaian perang di Ukraina.

"Jika Indonesia mengatakan sesuatu, dalam hal ini, suara Indonesia harus didengar dan akan didengar oleh semua orang di dunia ini karena suara pemain sebesar dan berpengaruh seperti Indonesia tidak bisa diabaikan oleh siapa pun," katanya.

Oleh karena itu, ia menilai bahwa Indonesia memiliki kemampuan untuk memberikan bantuan yang serius dalam menyelesaikan perang di Ukraina dengan cara terbaik.

Itu semua, kata dia lebih lanjut, tergantung pada kemauan Indonesia untuk mengatakan atau melakukan sesuatu. Untuk mengupayakan itu, Vasyl menilai perlu ada rencana konkret dan menindaklanjutinya bersama dengan seluruh anggota masyarakat dunia.

Baca juga: Jokowi: Indonesia harus bisa manfaatkan "international trust"

Pewarta: Katriana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023