Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menilai konstitusi harus menjadi landasan bagi masyarakat Indonesia dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

Karena itu dia mengajak semua elemen bangsa menjadikan momentum peringatan Hari Konstitusi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pentingnya konstitusi sebagai acuan proses berbangsa dan bernegara.

"Konstitusi UUD 1945 yang merupakan landasan hukum Indonesia harus menjadi acuan setiap anak bangsa dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Lestari Moerdijat di Jakarta, Jumat.

Hal itu dikatakannya dalam rangka peringatan Hari Konstitusi yang diperingati setiap 18 Agustus.

Lestari menilai pemahaman masyarakat dan para penyelenggara negara terhadap konstitusi harus terus ditingkatkan dalam rangka percepatan proses pembangunan.

Karena itu menurut dia, selain sebagai landasan hukum di Indonesia, UUD 1945 juga memuat cita-cita Indonesia merdeka, falsafah bangsa yang menjadi landasan dalam penyelenggaraan negara, serta tujuan pembentukan pemerintah negara Indonesia.

“Dengan kandungan aturan yang lengkap dan saling berkaitan antar pasal-pasal di dalamnya, bila ada upaya penyesuaian terhadap perkembangan zaman melalui amandemen sejumlah pasal pada UUD 1945, harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian melalui kajian yang menyeluruh,” ujarnya.

Menurut dia, sejumlah upaya untuk mengamandemen konstitusi harus berdasarkan evaluasi yang melibatkan seluruh elemen bangsa.

Lestari juga berharap ada upaya untuk meningkatkan pemahaman setiap warga negara terhadap konstitusi, sehingga sejumlah potensi tindakan pelanggaran konstitusi dalam bentuk perilaku maupun kebijakan bisa ditekan.

“Apalagi tantangan yang dihadapi anak bangsa saat ini semakin kompleks dalam proses pembangunan, sehingga membutuhkan kepastian yang bersumber pada konstitusi sebagai landasan hukum,” katanya.

Lestari berharap ketaatan setiap anak bangsa terhadap apa yang telah diamanahkan konstitusi harus terus dijaga, dalam rangka mewujudkan proses pembangunan yang adil dan merata demi kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.
Baca juga: Waka MPR imbau masyarakat antisipasi dampak El Nino bagi kesehatan
Baca juga: MPR: Akselerasi kinerja pariwisata perlu dukungan konsisten
Baca juga: MPR harapkan perbaikan tata kelola pangan cegah sampah makanan
Baca juga: MPR dorong upaya promotif dan preventif cegah "stunting" ditingkatkan
Baca juga: Wakil KetuaMPR upayakan konsisten bangun karakter anak bangsa

Pewarta: Fauzi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023