"Sebelumnya dari 18 partai politik peserta Pemilu 2024 yang sudah menyerahkan nama bacaleg sebanyak 785 orang, namun setelah melewati beberapa proses verifikasi administrasi berkurang menjadi 779 bacaleg,"
Cianjur (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menetapkan secara resmi Daftar Calon Sementara (DCS) bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Kabupaten Cianjur untuk Pemilu 2024 sebanyak 672 orang.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Cianjur, Ridwan Abdullah di Cianjur Jumat, mengatakan jumlah DCS bacaleg DPRD Cianjur 2024 yang ditetapkan secara resmi merupakan bacaleg yang sudah Memenuhi Syarat (MS) dari 18 partai politik untuk enam daerah pemilihan.

"Sebelumnya dari 18 partai politik peserta Pemilu 2024 yang sudah menyerahkan nama bacaleg sebanyak 785 orang, namun setelah melewati beberapa proses verifikasi administrasi berkurang menjadi 779 bacaleg," katanya.

Setelah dilakukan verifikasi administrasi hasil pencermatan jumlahnya menjadi 777 bacaleg dan kembali berkurang karena yang Memenuhi Syarat hanya 672 orang sedangkan 105 orang tidak memenuhi syarat (TMS).

Penetapan DCS selanjutnya akan di umumkan secara resmi melalui media cetak dan elektronik serta website serta media sosial resmi KPU dari tanggal 19-23 Agustus 2023 dengan tujuan mendapat tanggapan atau masukan dari masyarakat terkait dengan pemenuhan syarat administrasi calon.

"Masyarakat diberikan kesempatan untuk melakukan tanggapan atau masukan terhadap calon yang resmi masuk DCS melalui website kpu di infopemilu.kpu.go.id atau bersurat langsung ke KPU Kabupaten Cianjur," katanya.

Ketika terdapat masukan dari masyarakat terkait bacaleg tertentu, pihaknya akan melakukan rekapitulasi dan menyampaikan ke pengurus partai politik untuk memberikan klarifikasi sebelumnya KPU Cianjur akan melakukan verifikasi terlebih dahulu pada masyarakat yang memberikan masukan.

"Setiap warga yang memberikan tanggapan atau masukan terhadap bacaleg harus menyertakan identitas diri lengkap nomor kontak yang dapat dihubungi agar dapat kami tindak lanjut dengan cepat,. Setelah tuntas akan dilanjutkan ke Daftar Calon Tetap (DCT) bacaleg DPRD Cianjur Pemilu 2024," katanya.

Ridwan menambahkan, dalam DCT tercatat keterwakilan bacaleg perempuan sebanyak 225 orang secara rekapitulasi atau secara keseluruhan persentase-nya 33 persen.
 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023