Kita bisa memberikan contoh positif kepada generasi muda tentang pentingnya menjaga kebersihan pantai.
Manado (ANTARA) - PT PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo) bersama dengan TNI AL membersihkan laut dari sampah plastik di Pantai Labuan Uki, Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara (Sulut).

"Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, PLN UID Suluttenggo lewat PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kotamobagu bersama dengan komunitas pecinta lingkungan BMR (Bolaang Mongondow Raya) Forum Hijau, TNI AL Pos Angkatan Laut Labuan Uki, serta Basarnas Manado melaksanakan kegiatan bersih pantai (coastal clean up)," kata GM PLN Suluttenggo Ari Dartomo, di Manado, Jumat.

Acara yang mengusung tema "Laut Merdeka Sampah Plastik" ini merupakan bentuk penghayatan akan momen kemerdekaan yang terjadi pada bangsa Indonesia 78 tahun yang lalu.

Manajer PLN UP3 Kotamobagu Anjar Widyatama mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dengan semangat gotong royong guna meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan dan menghormati simbol-simbol nasional serta jiwa nasionalisme.

"Kita tidak hanya merayakan kemerdekaan saja, tetapi juga harus menyadari tanggung jawab kita terhadap lingkungan alam sekitar, terutama laut yang merupakan bagian integral dari kekayaan Indonesia," ujar Anjar.

Kegiatan bersih pantai ini merupakan wujud nyata kepedulian terhadap lingkungan dan alam sekitar.

"Semoga melalui aksi ini, kita bisa memberikan contoh positif kepada generasi muda tentang pentingnya menjaga kebersihan pantai," ujar Wijanarko.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan pesan tentang pentingnya kebersihan pantai, tetapi juga mengingatkan masyarakat akan makna sebenarnya dari kemerdekaan.

Semangat gotong royong dan rasa cinta terhadap Tanah Air tergambar jelas dalam aksi ini. Kegiatan ini berhasil menginspirasi banyak orang untuk terlibat aktif dalam menjaga lingkungan dan memupuk rasa cinta pada Indonesia.

Sudah tidak dipungkiri lagi, PLN memang sedang gencar-gencarnya melakukan berbagai kegiatan pelestarian lingkungan dan pesisir pantai. Hal ini tertuang dalam tujuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN. Sudah begitu banyak program yang memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

Berbagai informasi terkait program-program ini dapat diakses langsung pada menu PLN Magazine pada aplikasi PLN Mobile. Aplikasi PLN Mobile dapat diunduh secara gratis dari Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone.
Baca juga: BI bersih pantai Manado tingkatkan kunjungan wisman
Baca juga: Milenial Pegadaian bersih-bersih sampah di Pantai Melawai, Balikpapan


Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023