Lebak (ANTARA) -
 
Sejumlah petani Kabupaten Lebak, Provinsi Banten panen padi  di sawah seluas 5.500 Ha sehingga memenuhi ketersediaan pangan pada saat musim kemarau akibat perubahan iklim El Nino.
 
"Kita panen padi di sini seluas lima hektare dan produktivitas rata-rata empat ton gabah basah/hektare,"kata Ahmad (60) seorang petani Desa Sindangmulya Kabupaten Lebak, Sabtu.
 
Petani yang memanen padi itu dari tanam bulan Juni 2023 lalu, karena menggunakan benih varietas unggul jenis Ciherang.
 
Umumnya, kata dia,benih varietas unggul masa panen antara 100-110 hari setelah tanam.
 
Saat ini, petani di wilayahnya saat El Nino terpenuhi ketersediaan pangan keluarga.
 
"Semua petani yang panen itu untuk ketersediaan pangan keluarga dan tidak dijual," kata Ahmad.
 
Begitu juga petani lainnya di Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak,Sukri (55) mengaku bahwa di wilayahnya seluas tujuh hektare memasuki musim panen padi.
 
Para petani merasa bersyukur karena musim kemarau bisa panen padi sehingga dapat memenuhi ketersediaan pangan keluarga.
 
Bahkan, petani kini banyak menjemur gabah di tepi jalan menuju arah wisata budaya Badui.
 
"Kami beruntung di musim kemarau areal persawahan di wilayahnya di Blok Bojongcau masih terpenuhi ketersediaan air dari sumber air kawasan hutan Badui,"katanya menjelaskan.
 
Sementara itu, Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian Kabupaten Lebak Deni Iskandar mengatakan pada Agustus ini diperkirakan seluas 5.500 hektare memasuki musim panen sehingga ketersediaan pangan masyarakat relatif aman dan mencukupi hingga akhir tahun 2023.
 
Mereka petani yang panen itu, karena memiliki pasokan ketersediaan air melalui sumber air yang ada di kawasan hutan, aliran sungai dan irigasi.
 
Namun, pihaknya kini mengoptimalkan pompa menghadapi musim kemarau atau El Nino yang diperkirakan laporan BMKG puncaknya Agustus -September 2023.
 
"Kami berharap dengan pompa itu bisa terselamatkan tanaman padi dengan menyedot sumber air dari sungai,"katanya menjelaskan.
 
 
 
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023