Jakarta (ANTARA/JACX) - Autisme atau autism spectrum disorder (ASD) merupakan gangguan fungsi otak dan saraf yang dapat memengaruhi proses berpikir dan juga perilaku individu. 
 
Dalam platform media sosial X (sebelumnya Twitter) beredar unggahan terkait galon air minum dalam kemasan (AMDK) bisa sebabkan autisme. Berikut narasinya :
 
"BPA ngeri juga ya dampaknya, bisa membuat orang autis. Kalau gitu harus di waspadai tuh soal BPA pada galon AMDK, Karna namanya BPA ya tetap BPA to"
 
Benarkah galon AMDK dapat menyebabkan autisme? 
Tangkapan layar terkait cuitan warganet terkait bahaya galon AMDK bisa sebabkan autisme. (ANTARA/HO- X)
 
Penjelasan
Guru Besar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Prof Dr dr Rini Sekartini SpA (K),memastikan tidak ada kaitannya AMDK galon isi ulang dengan penyebab penderita autisme pada anak.
 
“Penyebab autisme itu masih multi faktor seperti faktor genetik dan lingkungan. Ada juga karena infeksi masa lampau, dan itu bisa terjadi. Tapi, yang pasti air galon isi ulang tidak menjadi penyebab autisme. Itu sudah pasti salah," ujar Rini di Jakarta, Sabtu.
 
Rini menjelaskan hingga saat ini, belum ada penelitian yang menyebutkan adanya kaitan antara galon guna ulang dan penyebab autisme. 
 
“Air galon kan ada mineralnya, justru baik untuk kesehatan. Kalau dikatakan bisa menyebabkan autisme, seharusnya sudah banyak anak-anak di Indonesia yang menderita autis karena yang minum air galon kan banyak. Tapi, nyatanya, yang autis bisa dihitung jari,” tambah dia. 
 
Dulu, lanjut dia, ada penelitian yang mendukung pengaruh zat tembaga terhadap penyebab autisme.Tapi tidak konklusif juga bahwa penyebab autis itu karena kandungan logam. Akhirnya, penelitian ke arah penyebab autisme juga semakin jarang dilakukan.  Pencarian penyebab autisme itu pun tidak lagi menjadi perhatian saat ini. 
 
“Biasanya pada anak autis, kita tidak mencari pasti penyebabnya. Pemeriksaan darah, CT scan, biasanya tidak kita lakukan. Kita langsung masuk ke intervensi untuk penanganannya,” jelas dia. 
 
Untuk penanganan anak-anak autis itu dilakukan tergantung gejalanya. Hal itu dikarenakan autisme merupakan gangguan perilaku, jadi penanganannya juga harus dengan memperbaiki perilakunya. 
 
"Terapinya dilakukan dengan berbagai cara, ada terapi sensor integrasi, ada okupasi, ada terapi wicara, dan terapi perilaku. Jadi, ada multi faktor untuk terapinya,” kata Rini lagi. 
 
Dengan demikian, tidak benar jika galon AMDK bisa sebakan autisme. 
 
Klaim : Galon AMDK sebabkan autisme pada anak
Rating : Hoaks
 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023