Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan di media sosial Facebook menampilkan video berdurasi lima menit menarasikan bahwa Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil marah karena Dinas Sosial (Dinsos) mengambil paksa anak YouTuber Pratiwi Noviyanthi.

Berikut narasi dalam video tersebut:

“HEboh Kang Emil emosi saat DINSOS melawan perintah Kang Emil, resmi hari ini DINSOS dibubarkan”

Namun, benarkah video Ridwan Kamil bubarkan Dinsos Tangerang tersebut?

 

Unggahan video hoaks yang mengatakan Ridwan Kamil membubarkan dinas sosial. Faktanya, isi video tidak sesuai dengan judul. (Facebook)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, dalam video tersebut tidak ada informasi Ridwan Kamil membubarkan dinas sosial. Video tersebut berisi kompilasi saat dinas sosial mengambil anak YouTuber Pratiwi Noviyanthi seperti yang diunggah di laman instagramnya pada tautan ini, ini dan ini.

Kepala Dinsos Kota Tangerang Mulyani menjelaskan, para petugas yang terlihat dalam video viral tersebut memang berasal dari Dinsos Kota Tangerang.

Namun, Mulyani menyatakan bahwa para petugas Dinsos Kota Tangerang hanya diminta untuk menemani Kementerian Sosial dan Kepolisian.

Mulyani membeberkan, kondisi dari para anak-anak tersebut sudah berada dalam naungan Kementerian Sosial dan dipastikan mendapat perawatan yang layak, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir, dilansir dari Tangerangnews.

Dengan demikian, narasi judul tidak sesuai dengan isi video.

Klaim: Video Ridwan Kamil bubarkan dinas sosial

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Gambar anak-anak korban perdagangan manusia di Ukraina

Cek fakta: Hoaks! Video cita-cita anak ingin Prabowo menang saat ditanya Jokowi

Baca juga: Polisi evakuasi lansia ke Dinsos Tangerang diduga ditelantarkan

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023