Maiduguri, Nigeria (ANTARA) - Negara Afrika Barat (ECOWAS) pada Sabtu bertemu dengan Presiden Niger Mohamed Bazoum yang digulingkan dalam tekanan diplomatik baru untuk menyelesaikan krisis di negara itu.

Mantan kepala negara Niger Abdulsalami Abubakar, mengatakan delegasi itu mengadakan pembicaraan dengan Bazoum di ibukota Niger, Niamey di hadapan Perdana Menteri Ali Zaine, yang ditunjuk pemerintahan militer Niger setelah kudeta 26 Juli.

"Kami bertemu Bazoum, kami dengar darinya apa yang dilakukan kepadanya. Dia mengatakan permasalahan yang dihadapinya," kata Abubakar.

Abubukar optimis pertemuan itu membuka diskusi menuju resolusi krisis.

Delegasi ECOWAS terdahulu pada awal Agustus gagal bertemu dengan pemimpin junta karena pemerintah militer menolak bertemu dengan mereka.

Pertemuan terakhir terjadi satu hari setelah kepala militer dari organisasi Afrika Barat itu bertemu di Ghana dimana mereka memutuskan untuk menggunakan kekuatan untuk mengembalikan Bazoum jika pembicaraan gagal.

Ribuan orang berbaris pada Sabtu di Niger sebagai relawan pasukan bersenjata karena ancaman intervensi militer ECOWAS membayangi.

Niger memiliki 33 ribu personel militer.

Sumber: Anadolu
Baca juga: Mali, Burkina Faso kirim jet tempur bantu Niger hadapi ECOWAS
Baca juga: Kepala pertahanan ECOWAS bahas pengerahan pasukan siaga ke Niger
Baca juga: ECOWAS siap serbu Niger jika tidak ada jalan lain

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023