Jakarta (ANTARA) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) III dengan pembahasan utama soal pemenangan pemilu, elektabilitas bakal capres Ganjar Pranowo dan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Melalui Rakerda DPD PDI Perjuangan di Kalimantan Timur, kami menyatukan gerak langkah dalam pemenangan pemilu legislatif dan pemilu presiden karena berdasarkan survei elektoral Pak Ganjar Pranowo itu semakin naik, terjadi rebound," kata Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto dalam keterangannya diterima di Jakarta, Minggu.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPP PDIP Sri Rahayu, Ketua DPD PDIP Kalimantan Timur Irjen (Pol) Purn. Safaruddin dan Sekretaris PDIP Kaltim Nanda Emira Moeis.

Salah satu pembahasan di rakerda adalah bagaimana kepemimpinan Ganjar Pranowo yang penuh stamina, visoner dan memiliki rekam jejak sebagai gubernur yang berhasil, serta pengalaman panjang sebagai anggota DPR dua periode.

"Rekam jejak Pak Ganjar, karakter kepemimpinan dan situasi dikeroyok justru menimbulkan simpati rakyat untuk bergerak, menumbuhkan dukungan yang semakin kuat kepada Pak Ganjar Pranowo," ujarnya.

Hasto juga mengatakan rakerda tersebut turut membahas persiapan seluruh jajaran PDIP Kaltim mempersiapkan diri, mengingat dari kebijakan Presiden Jokowi, IKN akan difungsikan mulai tahun depan. Dengan IKN di tempat baru, sekaligus akan terjadi perubahan paradigma.

"Sehingga seluruh kader PDI Perjuangan menyiapkan diri, menyatukan satu gerak langkah membangun spirit agar PDI Perjuangan nantinya bisa menjadi tuan rumah yang baik di ibu kota negara yang baru, yang membangun paradigma untuk gerak cepat kemajuan Indonesia Raya kita," kata Hasto.

Selain itu, turut dibahas seluruh tahapan-tahapan detail pemenangan pemilu akan dipersiapkan, termasuk target dari pemenangan pemilu presiden.

"Oleh Ketua DPD Kaltim, berdasarkan hasil dari rakerda ini, target pemenangan Pak Ganjar Pranowo itu tadi 75 persen. Artinya ada optimisme yang sangat tinggi untuk bisa memenangkan Pak Ganjar Pranowo karena kemarin ketika dilakukan door to door ternyata masyarakat merespons secara positif," tegas Hasto.

Ia mengatakan kendati Ganjar Pranowo dan parpol pendukungnya dikeroyok, namun keyakinan seluruh dan kader harus tetap teguh.

Hasto mengingatkan bahwa berpolitik itu sangat erat berkaitan dengan spiritualitas yang menjadi ciri kehidupan bangsa dan bernegara.

"Kita adalah negeri spiritual maka segala sesuatu dengan memohon restu dari Yang Maha Kuasa. Seluruh anggota dan kader harus tampil simpatik sebagai pembela rakyat," kata Hasto.

Pada kesempatan sama, Irjen Pol (Purn) Safaruddin mengatakan pada pemilu 14 Februari 2024, komitmen seluruh kader PDIP Kaltim adalah mencapai target kemenangan.

"Tidak ada kata lain, harus menang legislatif dan presiden," kata Safaruddin.

Target kursi DPR di Kaltim adalah dari dua kursi menjadi tiga kursi, dan DPRD provinsi menjadi 14 kursi.

"Target semuanya naik, mudah-mudahan bisa tercapai. Saya minta kepada seluruh caleg, dengan turun ke bawah dan soliditas partai kita akan membuat sejarah baru di Kaltim,"* imbuhnya.

Sementara untuk target pilpres itu 75 persen, ia mengatakan pada Pemilu 2019, raihan suara capres sebesar 56 persen.

"Kami yakin kita bisa memenangkan Pak Ganjar. Kita berjuang, tak ada waktu lagi untuk tidak turun ke bawah, ke Akar Rumput seperti perintah Ibu Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri," tegas Safaruddin.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023