Dengan adanya kegiatan ini dapat menambah populasi sapi Jawa dan memotivasi semangat para peternak sapi. Apabila gerobak sapi menang nanti dapat juga meningkatkan harga jual sapi-sapinya yang tentunya memiliki pengaruh ekonomi
Sleman (ANTARA) - Paguyuban Gerobak Sapi Pangrekso Andhini Karyo bersama Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (FKH UGM) Yogyakarta menyelenggarakan Festival Gerobak Sapi di Lapangan Watuadeg, Wukirsari, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Minggu.

Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka ulang tahun ke-15 Paguyuban Gerobak Sapi Pangrekso Andhini Karyo dan Dies Natalis FKH UGM serta memeriahkan HUT ke-78 RI itu dihadiri Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa menyebutkan kegiatan itu menjadi sarana untuk melestarikan dan mempromosikan alat transportasi tradisional gerobak sapi serta menjadi wadah para peternak untuk berkreasi menghias gerobak sapi dan mencari bibit pejantan betina sapi Jawa.

Baca juga: Sultan: Festival Gerobak Sapi dukung pariwisata budaya

"Dengan adanya kegiatan ini dapat menambah populasi sapi Jawa dan memotivasi semangat para peternak sapi. Apabila gerobak sapi menang nanti dapat juga meningkatkan harga jual sapi-sapinya yang tentunya memiliki pengaruh ekonomi," katanya.

Menurut dia, Sleman memiliki banyak komunitas gerobak sapi, sehingga kegiatan seperti ini dapat menjadi wadah untuk menunjukkan kreativitas dalam menghias gerobak sapi dan menunjukkan keunggulan sapi-sapi mereka.

Ketua paguyuban Pangrekso Andhini Karyo Tri Haryono mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan dan mulai diadakan kembali tahun ini, setelah sempat vakum karena COVID-19.

Baca juga: Begini keunikan Festival Gerobak Sapi Merdeka di Sleman

"Festival ini kerja sama paguyuban dengan FKH UGM dan telah ditandatangani dengan nota kesepahaman bersama (MoU)," katanya.

Menurut dia, tahun ini dari undangan yang disampaikan sejumlah 80, terdapat 76 gerobak sapi yang hadir dan berasal dari beberapa paguyuban gerobak sapi se-Kabupaten Sleman.

Selain itu festival ini juga menggelar lomba untuk gerobak sapi dengan hiasan dan kreasi terbaik, kemudian sapi pejantan dan betina terbaik, yang akan dinilai dari tim dosen FKH UGM.

Baca juga: Festival Gerobak Sapi perebutkan piala Sri Sultan
 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023