Jakarta (ANTARA) - Relawan Balad Erick Thohir menggelar sejumlah kegiatan di 20 kabupaten/kota di Jawa Barat dengan melibatkan masyarakat akar rumput dalam rangka memperingati HUT Ke-78 RI sekaligus menggalang dukungan terhadap Menteri BUMN Erick Thohir untuk Pilpres 2024.

"Masyarakat akar rumput yang rata-rata relawan Balad Erick Thohir di Jawa Barat ini sangat antusias menggelar acara peringatan HUT Ke-78 RI sekaligus bentuk dukungan terhadap Pak Erick Thohir," kata Perwakilan Koordinator Nasional (Kornas) Balad Erick Thohir Deni Irawan dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Menurut Deni, kegiatan yang digelar di basis-basis Balad Erick Thohir ini juga merupakan bentuk lain dari upaya pelestarian tradisi dan permainan tradisional.

"Anak muda harus tahu kekayaan tradisi dan permainan Indonesia tempo dulu," ujarnya.

Pada era digital, kata dia, ada banyak ekspresi baru, buah dari artikulasi anak muda yang bosan terhadap budaya pop, tetapi tidak menemukan tempat di budaya tradisi. Pada HUT RI ini harus jadi momentum untuk mengenalkan keunikan dan keseruan warisan leluhur.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah Pawai Dongdang yang digelar di Kampung Garisul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini sebagai bentuk syukur atas nikmat kemerdekaan.

Pada kegiatan tersebut, ratusan warga mengarak beberapa alat pikul padi yang terbuat dari potongan batang bambu setinggi orang dewasa. Pawai itu juga dimeriahkan oleh arak-arakan hasil bumi dan makanan yang telah dihias, diiringi suara kendang, angklung, dan pukulan lesung.

Kegiatan lain yang digelar adalah berbagai lomba tradisional, seperti ngagubyag, tepak kendi, dan panjat pinang di Desa Karangmulya Pangandaran, Jawa Barat.

Di Desa Sidarahayu, Ciamis, Jawa Barat, digelar pula kegiatan lomba memasukan pensil, ngagubyag, serta pemberian sembako untuk anak yatim dan warga lanjut usia (lansia).

Terkait dengan lokasi penyelenggaraan kegiatan, 20 kabupaten/kota di Jawa Barat itu meliputi Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bandung, Kota Banjar, dan Kota Tasikmalaya.

Daerah lainnya, yakni Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, dan Kota Cimahi.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023