Ini harus menjadi perhatian yang harus ditindaklanjuti bersama
Jakarta (ANTARA) -
Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Muhammad Anwar meminta agar aparatur sipil negara (ASN) setempat untuk berperan dalam membantu menangani kualitas udara di Jakarta.

"Ini harus menjadi perhatian yang harus ditindaklanjuti bersama. Harapannya Ibu Kota Jakarta sebagai kota global dapat dalam kondisi baik dan mampu menjadi kota penuh karya untuk nusantara," kata Anwar di Kantor Wali Kota Jaktim, Cakung, Senin.

Peran yang perlu dilakukan oleh ASN, antara lain, melalui uji emisi kendaraan dan gerakan penanaman pohon di lahan yang dapat dimanfaatkan. Misalnya, dengan bekerja sama dengan program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) tertentu.

Anwar juga meminta para ASN agar mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan, seperti tidak membuang sampah sembarangan atau tidak membakar sampah.
 
"Masyarakat masih sering mengeluhkan adanya pembakaran sampah oleh warga. Ini juga dapat berdampak terhadap kualitas udara," ucapnya.

Baca juga: KLHK tegaskan polusi udara di DKI Jakarta bukan bersumber dari PLTU
 
Warga yang membuang sampah di sembarang tempat juga dapat ditindak sesuai dengan peraturan daerah (Perda) No 8/2007 tentang Ketertiban Umum.

Dia juga mendorong agar suku dinas terkait untuk berkolaborasi dalam rangka persiapan kunjungan para kepala negara dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke Taman Mini Indonesia Indah pada 3-7 September 2023.

"Perlunya kolaborasi persiapan dan penuntasan permasalahan di wilayah. Intinya, penataan di wilayah dalam kunjungan tamu negara berjalan baik," kata Anwar.
 
Dalam kesempatan itu, Anwar menambahkan Surat Edaran Sekda (Sekretaris Daerah) Provinsi DKI Jakarta Nomor 34 Tahun 2023 tentang Pelaksanaan Tugas Kedinasan Dari Rumah.

"Ini harus diperhatikan, namun tidak menurunkan semangat orientasi pelayanan publik," ujarnya.

Baca juga: DKI kaji efektivitas sistem "4 in 1" untuk kurangi polusi udara

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023