"Kami siap memenangkan pencalonan Prabowo Subianto sebagai presiden pada Pemilu 2024,"
Kudus (ANTARA) - Puluhan pedagang di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang tergabung dalam Pedagang Pejuang Indonesia Raya (Papera) mendeklarasikan dukungannya terhadap Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024, Senin.

"Kami siap memenangkan pencalonan Prabowo Subianto sebagai presiden pada Pemilu 2024," kata Ketua DPC Papera Kabupaten Kudus A. Fatkhul Aziz saat pelantikan pengurus Papera Kudus serta deklarasi dukungan terhadap bakal capres Prabowo Subianto di Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Senin.

Hadir dalam deklarasi tersebut, Ketua Umum DPP Papera Don Muzakir, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Provinsi Jateng Abdul Wachid, dan Ketua DPD Papera Jateng Sri Hartini.

Nantinya, kata dia, pengurus Papera Kudus akan menindaklanjuti dengan membentuk pengurus hingga ke tingkat desa-desa serta membentuk warung juang.

"Warung juang tersebut, untuk mensosialisasikan visi misi Prabowo Subianto ketika nanti menjadi presiden," ujarnya.

Ketua Umum DPP Papera Don Muzakir menambahkan bahwa semua jajaran Papera memang diminta untuk terjun ke akar rumput menyampaikan visi dan misi Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden 2024.

"Ketika dipercaya menjadi presiden, maka program pasar akan menjadi prioritas, termasuk persoalan infrastruktur, akses modal dan penjualan produk UMKM," ujarnya.

Untuk sementara, kata dia, program yang sudah bergulir adalah program pemberian pinjaman permodalan tanpa bunga kepada pedagang di pasar tradisional.

Sementara persoalan infrastruktur, imbuh dia, untuk saat ini tetap diperjuangkan, melalui anggota dewan di masing-masing daerah.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Provinsi Jateng Abdul Wachid berharap anggota Papera Kudus menjaring semua pedagang pasar di Kabupaten Kudus, sekaligus untuk menyampaikan program-program Prabowo Subianto untuk membangun pasar tradisional menjadi lebih modern dan diminati masyarakat.

"Harapannya nanti, pasar tradisional juga bisa bersaing dengan pasar modern," ujarnya.

Program lainnya, yakni terkait pembangunan nantinya akan difokuskan dari desa, bukan pusat kota seperti yang terjadi selama ini. Sehingga nantinya, masing-masing pemerintah desa juga akan mendapatkan tambahan alokasi dana desa. 

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga, pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023