Indonesia dan Kenya memiliki kedekatan historis sejak Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955 dan Gerakan Non-Blok (GNB) pada tahun 1961.
Jakarta (ANTARA) - Presiden Kenya William Ruto menyatakan kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke negaranya merupakan wujud komitmen untuk memperkuat ikatan sejarah kedua negara.

Presiden Kenya William Ruto mengemukakan hal itu ketika memberikan keterangan pers bersama dengan Presiden Joko Widodo, usai pertemuan kedua pemimpin di State House, Nairobi, Kenya, Senin.

"Kunjungan ini merupakan tanda niat baik dan komitmen Yang Mulia (Presiden Widodo) untuk memajukan dan memperkuat ikatan sejarah yang erat yang telah dijalani kedua negara," kata Presiden Kenya William Ruto sebagaimana disaksikan melalui video YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Senin.

Presiden Kenya menyampaikan bahwa dirinya mewakili seluruh jajaran pemerintah dan rakyat Kenya menyambut hangat kedatangan Presiden Joko Widodo dan seluruh delegasi.

Menurut Presiden Ruto, kunjungan Joko Widodo ini bersejarah karena baru kali ini Kenya didatangi Presiden Indonesia.

Presiden Ruto dan Presiden Widodo melakukan berbagai hal dalam pertemuan, antara lain, menetapkan bidang kerja sama prioritas, serta menyaksikan penandatanganan empat nota kesepahaman dan letter of intent untuk memperkuat kerja sama komersial dan promosi investasi antara kedua negara.

"Dalam diskusi kami, Presiden Widodo dan saya berbagi ide tentang peningkatan kolaborasi untuk memanfaatkan peluang yang muncul untuk meningkatkan keseimbangan perdagangan antara kedua negara," kata Presiden Ruto.

Ia melanjutkan, "Kami sepakat untuk meningkatkan dan memperluas kemitraan antara Kenya dan Indonesia dengan fokus pada empat isu utama: ketahanan pangan, pertambangan, energi terbarukan, dan kesehatan."

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo merasa terhormat bisa berkunjung langsung ke Kenya.

Jokowi menekankan bahwa Indonesia dan Kenya memiliki kedekatan historis sejak Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955 dan Gerakan Non-Blok (GNB) pada tahun 1961.

Presiden RI menyampaikan Kenya adalah sahabat penting Indonesia dan Indonesia juga terus berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dengan Kenya.

Baca juga: Kunjungan Presiden Jokowi ke Kenya hasilkan kerja sama konkret
Baca juga: Presiden Jokowi lakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Kenya


Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023