Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo disambut secara kenegaraan oleh Presiden Republik Kenya William Ruto saat tiba di State House, Nairobi, Republik Kenya, Senin.

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, Presiden Widodo tiba di State House, Nairobi sekitar pukul 10.00 waktu setempat (WS) atau 14.00 WIB.

Presiden Jokowi disambut oleh Presiden William Ruto di halaman depan State House. Kedua pemimpin negara tersebut kemudian berjalan bersama menuju panggung kehormatan.

Setelah kedua pemimpin berada di panggung kehormatan, lagu kebangsaan masing-masing negara diperdengarkan yang diiringi oleh dentuman tembakan kehormatan.

Kemudian, Presiden Jokowi berjalan memeriksa barisan kehormatan dan diikuti dengan pengenalan delegasi masing-masing negara.

Baca juga: Presiden Jokowi lakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Kenya

Baca juga: Kunjungan Presiden Jokowi ke Kenya hasilkan kerja sama konkret


Setelahnya, Presiden Jokowi dan Presiden William Ruto berjalan menuju Presidential Court untuk melaksanakan pertemuan tatap muka atau téte-a-téte dan diakhiri dengan melaksanakan foto bersama antar-kedua pemimpin.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Presiden Kenya bergabung bersama delegasi masing-masing negara di Credential Hall untuk melaksanakan pertemuan bilateral. Di ruangan yang sama, usai pertemuan bilateral, kedua pemimpin negara menyaksikan proses penandatanganan dan pertukaran nota kesepahaman kerja sama kedua negara.

Dalam kesempatan tersebut, kedua pemimpin negara juga memberikan pernyataan pers bersama yang digelar di Presidential Lawn didampingi oleh delegasi dari masing-masing negara.

Baca juga: Presiden Kenya: Kunjungan Jokowi komitmen perkuat ikatan dua negara

Rangkaian penyambutan kenegaraan tersebut diakhiri dengan jamuan makan siang kenegaraan yang dilaksanakan di Banquet Hall, State House.

Turut mendampingi Presiden yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Duta Besar RI untuk Republik Kenya Mohamad Hery Saripudin.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023