Kami mengundang UN-HABITAT untuk hadir dalam World Water Forum ke-10 di Bali untuk menyusun agenda dan membentuk working group khususnya pada sub tema ke-2 yakni water security
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengundang Program Pemukiman Manusia PBB/United Nations for Human Settlements Programme (UN–HABITAT) untuk turut berperan aktif dalam World Water Forum di Bali tahun 2024.

"Kami mengundang UN-HABITAT untuk hadir dalam World Water Forum ke-10 di Bali untuk menyusun agenda dan membentuk working group khususnya pada sub tema ke-2 yakni water security," ujar Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Indonesia menjadi tuan rumah World Water Forum ke-10 di Bali tahun 2024, yang merupakan forum terbesar dalam bidang Sumber Daya Air (SDA).

Endra menambahkan, Indonesia sangat berharap UN-HABITAT dapat menjadi salah satu anggota working group tersebut, serta dapat menjalin kerjasama spesifik dengan Indonesia dalam bidang air.

"Kami mengetahui bahwa UN-HABITAT memiliki network yang luas, diantaranya dalam payung Global Water Operators Network. Kita akan konkritkan kerjasama ini sebagai hasil dari 10th World Water Forum yang memberi keuntungan bagi Indonesia," katanya.

Pertemuan ini bertujuan menjajaki potensi dukungan/keterlibatan UN-HABITAT dalam World Water Forum ke-10 di Bali, karena isu air sangat berkaitan dengan sektor permukiman dan perumahan, khususnya penyediaan air bersih dan sanitasi.

"Dengan network yang luas, UN-HABITAT dapat berperan nyata dalam World Water Forum ke-10 di Bali, serta memberikan hasil konkret seperti komitmen dan kerjasama antar negara dalam bentuk MoU atau joint cooperation dengan Pemerintah Indonesia," kata Endra.

Sementara itu, Deputi Sarana Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Ervan Maksum mengatakan, masalah penyediaan air bersih masih menjadi tantangan besar bagi Pemerintah Indonesia.

"Wilayah Indonesia baru 19 persen terlayani oleh jaringan perpipaan air bersih. Dibutuhkan strategi dan mekanisme yang efektif dalam pengelolaan air bersih antara pemerintah dan swasta," kata Ervan.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dengan Executive Director of UN-HABITAT Maimunah Mohd Sharif dalam UN Water Conference di New York pada Maret 2023 lalu.

Chief Urban Basic Services UN-HABITAT Andre Dzikus menyambut baik undangan tersebut dengan mengucapkan selamat atas terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah World Water Forum ke-10 di Bali tahun 2024.

"Perlu platform nasional bagi Indonesia dan juga platform kerjasama antara Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara seperti Kamboja, Laos, Vietnam, dan lain-lain. Isu air sangat berkaitan dengan 5 fokus agenda UN-HABITAT saat ini, yaitu Perumahan, Perubahan Iklim, Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs), Penanganan Bencana, dan Pembiayaan," kata Andre.

Baca juga: Menteri PUPR usung pengelolaan danau di World Water Forum Ke-10 Bali
Baca juga: Kemkominfo siapkan media center dan internet cepat untuk 10th WWF 2024
Baca juga: Hasil World Water Forum diharapkan jadi sumbangan Indonesia pada dunia
Baca juga: Menko Marves: World Water Forum tonggak terpenting menuju 2030

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023