Partisipasi Indonesia kali ini membawa peluang besar dalam membangun national branding
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia dan Jerman memperkuat kerja sama untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur serta pemanfaatan ruang digital antarnegara.

Hubungan bilateral tersebut diperkuat dengan bertemunya Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi dengan Menteri Urusan Digital dan Transportasi Jerman Volker Wissing di sela-sela Digital Economy Minister Meeting (DEMM) G20 India.

"Pertemuan itu merupakan tindak lanjut dari partisipasi Indonesia sebagai negara ASEAN pertama yang kembali dipercaya sebagai Official Partner Country untuk ketiga kalinya dalam perhelatan pameran industri teknologi, Hannover Messe yang telah diselenggarakan tanggal 17 sampai dengan 21 April 2023 di Hannover Fairground, Jerman,” ujar Budi dalam siaran pers, Senin.

Baca juga: Menkominfo perkuat komitmen dengan Jepang dan India soal DEWG

Lewat pertemuan tersebut, Menkominfo Budi Arie dan Menteri Volker Wissing menyaksikan hasil dari 11 nota kesepahaman, salah satunya mengenai Joint Declaration of Intent (JDoI) dalam digitalisasi.

Sebagai perwakilan Pemerintah Indonesia, Budi menyampaikan apresiasi atas peluang yang diberikan termasuk dalam berbagai upaya mendukung kemajuan digitalisasi yang telah dilakukan antara Indonesia dan Jerman.

“Dalam rangkaian acara Hannover Messe 2023, kami menyaksikan Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Presiden Indonesia Bapak Joko Widodo hadir untuk membuka Hannover Messe 2023. Partisipasi Indonesia kali ini membawa peluang besar dalam membangun national branding sekaligus menunjukkan perkembangan industri nasional,” katanya.

Budi mengatakan lewat kerja sama bilateral yang ditandai dengan pengesahan JDoI tersebut, maka hubungan antara Indonesia dan Jerman semakin terbina dengan baik khususnya di bidang digital.

Ia pun menutup pertemuan tersebut dengan memberikan cendera mata berupa kotak musik--yang memutarkan lagu daerah "Bengawan Solo"--kepada Menteri Volker dengan harapan kerja sama Indonesia dan Jerman dapat lebih berkesan dan dikenang.

“Pemerintah Indonesia mengharapkan kerja sama dengan Jerman dalam transformasi digital dapat mendorong dan memberikan kontribusi bagi kemakmuran dan kemajuan kedua negara,” tutup Budi.

Baca juga: Indonesia usung pendekatan fleksibel dalam digitalisasi di G20 India

Baca juga: Indonesia ajak G20 optimalkan kolaborasi wujudkan transformasi digital

Baca juga: Menkominfo temui pelajar dan startup Indonesia di sela DEMM G20 India

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023