Pernah terlintas ide membuka warung nasi goreng...tapi saya belum putuskan.
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berbagi resep nasi goreng khas ala SBY dengan publik di akun jejaring sosial Twitter-nya, setelah pada Sabtu (13/4) memasak resep khusus itu bagi para duta besar negara sahabat yang bertugas di Indonesia.

"Untuk pecinta kuliner, saya & Ibu Ani punya resep nasi goreng khas. Campuran nasi & singkong. Rasanya tidak kalah," tulis Presiden di akunnya pada Minggu malam.

Bersama dengan pesannya itu, Presiden menyertakan foto keluarga besarnya tengah menikmati nasi goreng tersebut. Tampak mendampingi Presiden yang mengenakan kemeja batik lengan pendek warna coklat adalah Ibu Ani Yudhoyono, kedua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono beserta istri dan anak-anak mereka.

Sebelumnya pada Sabtu pagi (13/4), Presiden Yudhoyono bersama istrinya mendemonstrasikan keahliannya dalam membuat nasi goreng dengan resep rahasia ala SBY di hadapan para duta besar negara sahabat dalam acara `diplomatic gathering` yang digelar di Istana Kepresidenan Cipanas.

Hasil masakannya kali ini akan dicicipi oleh para diplomat bersama keluarganya yang berjumlah sekitar 200 orang.

Presiden yang mengenakan baju batik lengan pendek warna merah mula-mula mempersiapkan bumbu-bumbu seperti bawang, cabai merah dan hijau, garam, telur, minyak goreng dan nasi. Tak lupa ia juga menyiapkan alat masak penggorengan di atas tungku arang.

Ani Yudhoyono yang mengenakan baju lengan pendek warna merah dan bercelemek dengan gesit menghancurkan bumbu-bumbu yang ada secara tradisional.

Tak selang berapa lama kemudian, bumbupun siap dan dimasukkan dalam penggorengan. Keduanyapun `bergotong royong` mengolah bumbu dalam penggorengan.

Saat harum bumbu tercium, nasipun dimasukkan. Tak hanya itu, Presiden juga memasukkan tiwul (makanan khas Jawa dari singkong).

Setelah diaduk dalam penggorengan di atas tungku arang yang menyala, nasipun segera siap. Para dubespun dipersilahkan mencicipi nasi goreng a la SBY.

Menurut Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha, nasi goreng hasil masakan Presiden terasa lezat.

"Memang enak sekali rasanya," katanya.

Presiden pada akhir kunjungan kerjanya di Budapest, Hongaria, pada awal Maret 2013 juga pernah menyebut membuka warung nasi goreng sebagai salah satu rencana pensiunnya.

"Pernah terlintas ide membuka warung nasi goreng...tapi saya belum putuskan. Yang jelas, Insya Allah apapun yang akan saya lakukan nanti pastilah sesuatu yang halal," kata Presiden Yudhoyono

Selain berbagi resep rahasia nasi gorengnya, Presiden Yudhoyono juga mengunggah apresiasinya terhadap batik Indonesia dalam suatu foto yang menunjukkan dirinya tengah berbelanja batik di Cipanas.

Presiden Yudhoyono secara resmi bergabung dengan dunia Twitter pada Sabtu malam (13/4) dengan menggunakan akun @SBYudhoyono yang telah memiliki lebih dari 700 ribu pengikut.

Oleh GNC Aryani
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013