Tahun ini kita menggelar program Visit Beautifull West Sumatera (VBWS) 2023 dengan target kunjungan 8,2 juta wisatawan. Hingga Agustus sudah terealisasi 5,7 juta wisatawan
Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyebut banyaknya kegiatan nasional dan lokal yang digelar sepanjang 2023 di daerah itu menjadi salah satu daya tarik yang bisa mendatangkan wisatawan.

"Tahun ini sangat banyak event baik internasional, nasional maupun lokal yang digelar di Sumbar. Ini menjadi salah satu daya tarik yang bisa mendatangkan wisatawan," katanya di Padang, Selasa.

Ia mengatakan event internasional yang paling dekat adalah World Islamic Entrepreneur Summit atau WIES yang akan digelar pada 6-8 September 2023.

Sebelumnya kegiatan skala nasional Penas Tani dan Latsitardanus juga sudah digelar dengan sukses dan berhasil menghadirkan ribuan orang ke Sumbar.

Sementara untuk tingkat lokal, Pemerintah Provinsi bersama kabupaten dan kota telah menyiapkan sebanyak 82 event seni dan budaya yang bisa dinikmati wisatawan sepanjang tahun.

Mahyeldi mengatakan kegiatan yang digelar itu sudah mampu mendatangkan hingga 5,7 juta wisatawan ke Sumbar hingga Agustus 2023.

"Tahun ini kita menggelar program Visit Beautifull West Sumatera (VBWS) 2023 dengan target kunjungan 8,2 juta wisatawan. Hingga Agustus sudah terealisasi 5,7 juta wisatawan," ujarnya.

Menurut dia, meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan itu itu mendorong perekonomian daerah. Manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda menyebut sektor pariwisata memang menjadi salah satu lokomotif perekonomian Sumbar.

"Pariwisata memberikan efek ekonomi langsung dan tidak langsung baik bagi masyarakat maupun daerah. Karena itu Sumbar serius untuk mengembangkan pariwisata salah satunya dengan memperbanyak event di daerah," katanya.

Selain event, keindahan alam dan kebudayaan Minangkabau yang khas juga menjadi daya tarik yang bisa mendatangkan wisatawan ke Sumbar.

Baca juga: BPS: Kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumbar naik 12,78 persen

Baca juga: Karpet merah Sumbar untuk perantau dan wisatawan

Baca juga: Asita targetkan 70 ribu wisatawan mancanegara ke Sumbar pada 2023

 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023