Palembang (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sumatera Selatan (Sumsel) mencatat transaksi non tunai pada Pekan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Nasional atau PQN 2023 yang digelar di Palembang, pada 15-20 Agustus mencapai senilai Rp1,07 miliar.

"Dalam memeriahkan PQN 2023, kami menggelar kegiatan 'Digital Kito Galo' yang berlangsung selama 15-20 Agustus 2023. Selama kegiatan ini tercatat transaksi non tunai mencapai Rp1,07 miliar," kata Kepala BI Sumsel Ricky Perdana Gozali dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Selasa.

Ia mengatakan hasil dari kegiatan itu diharapkan dapat mendorong penggunaan QRIS di Provinsi Sumatera Selatan, baik di sisi pengguna maupun merchant.

Maka dari itu, dirinya mengajak masyarakat untuk terus semangat membangun ekosistem ekonomi dan keuangan digital di Provinsi Sumatera Selatan.

Baca juga: BI imbau masyarakat bagi-bagi THR non tunai

"Meskipun kegiatan ini telah usai, kami tetap komitmen dan kolaborasi dalam digitalisasi ekonomi dan keuangan di Provinsi Sumatera Selatan akan terus berlanjut," katanya.

Bank Indonesia akan terus berkolaborasi bersama dengan pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Sumsel, perbankan, penyelenggara jasa sistem pembayaran, pelaku usaha, dan para pemangku kepentingan terkait dalam rangka mendorong ekonomi dan keuangan digital untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif, sejalan dengan Visi Pemerintah Provinsi Sumsel, yaitu Sumsel Maju untuk Semua, kata Ricky.

Selain itu, BI Sumsel mencatat pada Juni 2023, nominal transaksi QRIS di Provinsi Sumatera Selatan tercatat sebesar Rp187,04 miliar atau tumbuh 197,66 persen secara tahunan, dengan rata-rata harian sebesar Rp6,23 miliar.

Kemudian, volume transaksi melalui QRIS di Sumsel tercatat sebanyak 1,20 juta transaksi, atau tumbuh 62,2 persen secara tahunan, dengan rata-rata harian mencapai 40 ribu transaksi.

Baca juga: BI tingkatkan batas saldo uang elektronik jadi Rp20 juta mulai Juli

Adapun jumlah merchant QRIS tercatat sebanyak 669.911 merchant, serta pengguna QRIS mencapai 1.048.145 pengguna.

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023