Jakarta (ANTARA) - LALIGA EA SPORTS pekan kedua telah rampung digelar dengan tim-tim besar seperti Real Madrid dan Barcelona sama-sama mengamankan tiga poin.

Madrid mencatatkan kemenangan sempurna dari dua laga awal, sedangkan El Barca meraih kemenangan perdana saat mengalahkan Cadiz di kandang.

Selain tentang matchday kedua yang telah rampung digelar akhir pekan kemarin, ada banyak yang terjadi dalam lingkup sepak bola Spanyol dalam satu minggu terakhir. Berikut fakta-faktanya yang dilansir dari keterangan resmi yang didapat di Jakarta, Selasa.

Real Madrid, Valencia, dan Rayo Vallecano pertahankan rekor 100 persen kemenangan

Setelah dua pekan LALIGA EA SPORTS, hanya tiga tim yang mampu menyapu bersih enam poin tersedia yaitu Real Madrid, Valencia CF, dan Rayo Vallecano. Madrid melanjutkan catatan kemenangan 2-0 mereka melawan Athletic Club di pekan pertama, dengan kemenangan 3-1 saat tandang melawan UD Almeria di Stadion Power Horse, Minggu (20/8) WIB. Sejalan dengan itu, Valencia yang menang 2-1 saat tandang melawan Sevilla FC melanjutkan tren positif kemenangan tipis 1-0 di kandang, Stadion Mestalla, melawan UD Las Palmas pada pekan kedua.

Kemudian, Rayo Vallecano yang pada dua laga bermain tandang melawan Almeria dan Granada berhasil menyapu bersih dengan dua kemenangan dengan skor yang sama yaitu 2-0. Ketiga tim saat ini memimpin klasemen sementara LALIGA EA SPORTS dengan koleksi enam poin.

Bellingham pimpin daftar pencetak gol terbanyak

Lewat dua gol yang dicetaknya dalam kemenangan 3-1 Real Madrid atas UD Almeria, Jude Bellingham melanjutkan awal yang gemilang dalam kariernya di LALIGA EA SPORTS dengan memimpin torehan top skor sementara kompetisi dengan tiga gol.

Gelandang yang baru saja didatangkan pada musim panas ini dari Borussia Dortmund itu kini menjadi yang teratas dalam perlombaan meraih Trofi Pichichi, hadiah untuk pencetak gol terbanyak kompetisi LALIGA EA SPORTS, dengan tiga gol, diikuti Cristhian Stuani (Girona) dan Kike Garcia (Deportivo Alaves) dengan dua gol.

Barcelona awali laga di stadion baru dengan kemenangan

Selama musim 2023/2024, FC Barcelona memainkan pertandingan kandang mereka di Estadi Olimpic, tempat berlangsungnya Olimpiade 1992, karena menunggu selesainya proyek rekonstruksi besar-besaran yang dilakukan di markas sebelumnya di Spotify Camp Nou.

Pertandingan kendang pertama mereka musim ini berlangsung di sana pada Senin (21/8) WIB dimana pada laga itu El Barca berhasil meraih kemenangan 2-0 melawan Cadiz CF melalui gol pada menit-menit akhir yang dicetak oleh Pedri dan Ferran Torres.

Baca juga: Antoine Griezmann catatkan 500 penampilan di LALIGA

Antoine Griezmann catatkan 500 penampilan di LALIGA

Pertandingan tandang melawan Real Betis menjadi momen istimewa bagi Antoine Griezmann karena ia mencatatkan pertandingan ke 500 di LALIGA. Pemain yang memenangkan Piala Dunia 2018 bersama timnas Prancis itu telah bermain sebanyak 461 kali pada LALIGA EA SPORTS dan 39 pertandingan lainnya di level LALIGA HYPERMOTION.

Ia menjadi pemain non-Spanyol kedua setelah Lionel Messi yang mencapai 500 pertandingan.

Gerard Moreno jadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Villarreal

Berkat gol tunggal yang mengantar Villarreal CF meraih kemenangan tandang 1-0 atas RCD Mallorca di Stadion Visit Mallorca, Sabtu (19/8) WIB, Gerard Moreno kini menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk El Submarino Amarillo. Pemain asal Spanyol itu kini telah mencetak 107 gol dalam 243 pertandingan untuk Villarreal, mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Adriano Garcia.

Kepa Arrizabalaga kembali ke LALIGA EA SPORTS

Kepindahan Kepa Arrizabalaga ke Real Madrid dengan status pinjaman dari Chelsea pada minggu lalu membuat kiper 28 tahun itu kembali ke kompetisi yang sudah dikenalnya dengan baik, LALIGA EA SPORTS, karena pada rentang waktu 2016 sampai 2018 ia merupakan penjaga gawang Athletic Club Bilbao dengan catatan total 53 penampilan dengan 15 cleansheets.

Real Socieded dapatkan Zakharya

Real Socieded resmi mendatangkan Arsen Zakharyan dari klub Rusia Dynamo Moscow. Dengan 19 gol dan 25 assist dari 89 penampilan di seluruh kompetisi bersama Dynamo Moscow, gelandang serang berusia 20 tahun asal Rusia itu adalah salah satu bakat muda terbaik dalam sepakbola dunia dan telah menandatangani kontrak enam tahun di Reale Arena, markas Real Socieded.

Pekan transfer yang sibuk untuk Rayo Vallecano

Rayo Vallecano menyelesaikan tiga transfer pemain dalam tujuh hari terakhir. Dua dari kesepakatan ini dicapai dengan Levante UD dan Atletico Madrid.

Vallecano mendatangkan kiper Dani Cardenas dan pemain sayap Jorge de Frutos bergabung ke Vallecano dari Levante.

Transfer lainnya adalah mempermanenkan Sergio Camello, yang musim lalu tampil mengesankan dengan mencetak tujuh gol saat dipinjam dari Atletico de Madrid.

UD Almeria tambah kekuatan baru

UD Almeria menjadi klub yang produktif di bursa transfer musim panas ini dimana selama satu minggu lalu, klub yang bermarkas di Stadion Power Horse itu menambah dua wajah baru yaitu dengan menggaet kiper Luis Maximiano (Lazio) dan penyerang Ibrahima Kone (FC Lorient).

Spanyol menangkan Piala Dunia Wanita

Perayaan besar di Spanyol pada hari Minggu terjadi karena La Roja memenangkan Piala Dunia Wanita 2023 di Australia dan Selandia Baru. Spanyol memenangkan laga final melawan Inggris yang dimainkan di Stadion Accor, Australia dengan skor tipis 1-0 melalui gol Olga Carmona.

Prestasi ini dirayakan di seluruh Spanyol karena 21 dari 23 pemain dalam skuad asuhan Jorge Vilda bermain untuk klub-klub Spanyol seperti Athletic Club Bilbao, Atletico de Madrid, Sevilla, FC Barcelona, Levante UD, Real Madrid, dan Valencia CF.

Baca juga: Kalahkan Inggris 1-0, Spanyol juara Piala Dunia Wanita 2023

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023