Di bawah tangga pesawat, Presiden Jokowi disambut langsung oleh Menteri Sumber Daya Mineral Mozambik Carlos Joaquim Zacarias
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo disambut dengan hangat saat tiba di Bandar Udara Internasional Maputo, Republik Mozambik, dalam rangkaian melanjutkan kunjungan kenegaraan di Benua Afrika, Selasa (22/8).

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu dini hari, Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1) yang membawa Presiden Jokowi bersama rombongan tiba di Bandar Udara Internasional Maputo Selasa sekira pukul 17.00 waktu setempat (WS) atau pukul 22.00 WIB.

Di bawah tangga pesawat, Presiden Jokowi disambut langsung oleh Menteri Sumber Daya Mineral Mozambik Carlos Joaquim Zacarias dan State Secretary Maputo Manuel Vicente. Setelahnya, tampak dua orang anak memberikan karangan bunga tangan kepada Presiden.

Presiden Jokowi kemudian berjalan melewati barisan kehormatan. Di ujung barisan, turut menyambut Presiden yakni Duta Besar RI untuk Republik Mozambik dan Malawi Herry Sudrajat beserta istri dan Atase Pertahanan RI di Pretoria Kol. Mar. Burhanudin.

Sementara dari pihak Mozambik turut menyambut kehadiran Presiden Widodo yakni Wakil Menteri Luar Negeri Mozambik Manuel Jose Goncalves, Duta Besar Mozambik untuk Indonesia Belmiro Jose Malate, dan Gubernur Provinsi Maputo Lolanda Cintura.

Dari bandara, Presiden beserta rombongan langsung menuju hotel tempatnya bermalam selama di Mozambik.

Baca juga: Presiden: Indonesia-Tanzania miliki persamaan identitas
Baca juga: Presiden lanjutkan kunjungan kenegaraan ke Mozambik dari Tanzania


Di hotel tersebut, Presiden disambut oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Cecep Herawan, Koordinator Fungsi Politik, Penerangan, dan Sosial Budaya/Kepala Kanselerai KBRI Maputo Budi Santoso, serta sejumlah masyarakat Indonesia di Mozambik dengan iringan alat musik angklung.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Presiden dijadwalkan mengunjungi empat negara selama di Benua Afrika yakni Kenya, Tanzania, Mozambik dan Afrika Selatan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengunjungi Kenya dan Tanzania. Kini Presiden tiba di Mozambik sebelum nantinya akan meneruskan lawatan ke Afrika Selatan.

Rangkaian kunjungan Presiden ke Benua Afrika untuk memperkuat hubungan bilateral Indonesia dengan negara-negara Afrika.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menyampaikan pemilihan negara-negara tersebut karena keterbatasan waktu Presiden Widodo dan juga mencocokkan kesesuaian waktu kepala negara yang dikunjungi.

Namun secara umum, kata dia, semua negara di dunia termasuk di Afrika memiliki kedudukan yang sama dan memiliki arti penting bagi Indonesia.

Di Afrika Selatan sendiri, Presiden Jokowi diundang menghadiri KTT BRICS (Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan) dalam kapasitas Indonesia yang sedang memegang keketuaan ASEAN. Bey menyebut kehadiran Presiden di KTT BRICS tidak ada kaitan dengan status keanggotaan Indonesia di BRICS.

Turut mendampingi Presiden dalam lawatan ke Mozambik yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Baca juga: Jokowi ajak Presiden Tanzania miliki "spirit" solidaritas KAA Bandung
Baca juga: Jokowi sampaikan komitmen RI wujudkan kolaborasi konkret dengan Afrika

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023