Jakarta (ANTARA) - Polisi Wanita Republik Indonesia (Polwan RI) berupaya meningkatkan kompetensi dalam rangka mendukung pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berjalan damai.

Perwira Koordinasi (Pakor) Polwan Brigjen Pol. Desy Andriani di Jakarta, Rabu, mengatakan Polwan RI mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Polwan dalam mendukung Pemilu damai.

"Kami nanti bekerja sama dengan instansi eksternal terkait seperti Bawaslu, untuk memberikan pemahaman tentang pelaksanaan Pemilu 2024 dan seluruh rangkaian yang dilaksanakan menuju Pemilu," kata Desy.

Peningkatan kompetensi Polwan ini kata Desy merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati HUT Ke-75 Polwan RI yang diperingati setiap tanggal 1 September.

Dalam rangkaian peringatan HUT Ke-75 Polwan RI ini, lanjut dia, rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Polwan seperti bakti sosial, bakti kesehatan dan bakti religi.

Baca juga: Kapolri: Polwan garda terdepan Polri raih kepercayaan masyarakat

Baca juga: Kompolnas dorong kebijakan affirmative action bagi Polwan


Hari ini, Polwan melakukan napak tilas ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, melakukan ziarah dan doa untuk para pahlawan yang telah gugur.

Salah satu makam yang diziarahi anggota Polri RI yakni makam Presiden Ketiga RI BJ Habibie, makam Hasri Ainun Besari (Ainun Habibie), kemudian melanjutkan tabur bunga di makam istri Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Kristiani Herrawati (Ani Yudhoyono).

Para Polwan juga melakukan tabur bunga di makam Kombes Ny NP Situmorang, Irjen (Purn) WF Sumampow, Jenderal (Purn) Awaloedin Djamin, Jenderal (Purn) Kunarto, M Jasin serta makam tokoh-tokoh Polri lainnya.

Menurut jenderal bintang satu itu, kegiatan ziarah ini dalam rangka mengingat perjuangan para pahlawan yang telah berjasa bagi pembangunan Indonesia, mengingat Agustus masih dalam suasa hari kemerdekaan RI.

"Semoga kegiatan ini menginspirasi Polwan semua para generasi muda untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan, bahwa untuk tetap memberikan pengabdian terbaik khususnya bagi Polwan Polri memberikan pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal lagi," tutur Desy.

Di usai ke-75 ini, kata Desy, Polwan sudah tidak muda lagi. Meski demikian Polwan ke depan diharapkan semakin eksis dan dapat berkiprah lebih banyak lagi.

"Polwan senantiasa berada di hati masyarakat karena Polwan melayani dengan setulus hati," ujarnya.

Kegiatan ziarah ke makam pahlawan (TMP) ini serentak dilakukan Polwan di seluruh Indonesia di TMP masing-masing daerah.

Selain itu, rangkaian kegiatan HUT Ke-75 Polwan RI berikutnya yang dilaksanakan, yakni webinar nasional, dan pertemuan dengan senior Polwan berupa sarasehan dalam rangka mengakomodir saran dan masukan para senior untuk para Polwan yang aktif saat ini.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023