Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo tampak mengenakan ikat kepala tradisional khas Afrika saat menghadiri pembukaan Festival Budaya Nasional 2023 Mozambik, Rabu.

Berdasarkan keterangan resmi dari Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, Rabu, Presiden Jokowi hadir memenuhi undangan Presiden Republik Mozambik Filipus Nyusi dalam acara pembukaan Festival Budaya Nasional 2023 atau "National Festival of Culture" Mozambik yang digelar di Lapangan Asosiasi Black Bulls, Maputo, Republik Mozambik, Rabu.

Tiba sekitar pukul 08.45 waktu setempat atau 13.45 WIB, Presiden Jokowi yang mengenakan pakaian batik lengan panjang disambut oleh Presiden Republik Mozambik Filipe Nyusi.

Kedua pemimpin negara pun kemudian berjalan bersama menuju panggung kehormatan. Presiden Jokowi bersama Presiden Nyusi juga terlihat kompak mengenakan ikat kepala tradisional Afrika.

Setibanya di panggung kehormatan, lagu kebangsaan kedua negara dilantunkan, kemudian parade kebudayaan pun dimulai.

Baca juga: Jokowi: Keragaman budaya jadi kekuatan kerja sama RI-Mozambik

Perwakilan dari 11 provinsi yang ada di Mozambik dengan mengenakan pakaian adatnya secara bergantian melintas di hadapan kedua kepala negara.

Setelah parade selesai, acara dilanjutkan dengan penampilan tarian kolosal diikuti dengan penampilan tari setiap provinsi.

Kedua pemimpin negara tampak menikmati setiap penampilan dari acara kesenian yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya di Mozambik tersebut.

Untuk diketahui, festival tersebut merupakan acara kesenian tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Mozambik serta diikuti sekitar 1.500 seniman dari seluruh Mozambik.

Baca juga: Presiden Jokowi disambut hangat saat tiba di Mozambik

Festival itu mempertunjukkan berbagai seni, seperti kerajinan tangan, musik, film, tarian, fotografi, gastronomi, dan seni budaya lainnya.

Presiden Jokowi diagendakan mengunjungi Kantor Presiden Republik Mozambik, Maputo, untuk melaksanakan pertemuan bilateral antar-kedua negara yang akan membahas kerja sama bilateral dalam beberapa bidang.

Turut mendampingi Presiden Jokowi, yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Duta Besar RI untuk Republik Mozambik dan Malawi Herry Sudrajat.

Turut hadir juga dari pihak Mozambik Menteri Budaya dan Pariwisata Eldevina Maturula, Sekretaris Negara Judite Musaculla, dan Gubernur Provinsi Maputo Julio Parruque.

Baca juga: Jokowi ajak Presiden Tanzania miliki "spirit" solidaritas KAA Bandung
Baca juga: Jokowi temui Presiden Tanzania bahas kerja sama bilateral
Baca juga: Jokowi sempat candai Presiden Kenya saat ajak berkunjung ke Indonesia

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023