Balikpapan, Kalimantan Timur (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) mengungkapkan realisasi fisik pembangunan dermaga logistik IKN Nusantara mencapai 92 persen.

"Realisasi fisik pembangunan dermaga logistik IKN sejauh ini sudah mencapai 92 persen dan ditargetkan beroperasi pada September 2023," ujar Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Danis Sumadilaga di Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur pada Rabu.

dermaga logistik ini dibangun oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga untuk mendukung logistik pembangunan Jalan Tol Akses IKN Seksi 5B, 6A, dan 6B dan juga pembangunan Bandara VVIP.

Danis menambahkan, kehadiran dermaga logistik dapat mempercepat pembangunan proyek-proyek tersebut serta proyek pembangunan IKN lainnya di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Dermaga logistik ini dilengkapi dengan area atau stockyard yang berfungsi untuk penyimpanan barang dan material konstruksi bangunan, dengan luasan lahan 10.000 meter persegi.

"Pembangunan proyek, terutama Mega proyek seperti IKN Nusantara kuncinya terletak pada rantai pasok logistik (supply chain logistics)," kata Danis.

Dalam pembangunan infrastruktur dasar IKN Nusantara, Kementerian PUPR tentunya tidak hanya membangun dermaga logistik namun juga membangun jalan logistik guna mempercepat dan memudahkan dukungan logistik pembangunan.

Kementerian PUPR terus meningkatkan konektivitas ke kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, salah satunya dengan melakukan percepatan pembangunan Jalan Tol menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Jalan tol yang akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN, yang sebelumnya dari sekitar dua jam menjadi hanya sekitar 30 menit.


Baca juga: PUPR prioritaskan penyelesaian infrastruktur dasar SDA IKN pada 2024

Baca juga: Waskita Raih Kontrak Baru Proyek Infrastruktur Rp 1,3 T, Bangun Jalan Kawasan Inti IKN

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023