Beijing (ANTARA) - China akan mengimplementasikan serangkaian proyek percontohan yang menampilkan teknologi canggih ramah lingkungan atau hijau dan rendah karbon, yang akan memberikan dukungan kuat untuk mencapai target puncak dan netralitas karbon negara itu, demikian disampaikan Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (National Development and Reform Commission/NDRC) China pada Selasa (22/8).

Proyek-proyek tersebut akan berfokus pada beberapa sektor utama, termasuk energi nonfosil, bidang industri dan konstruksi, jaringan listrik dan penyimpanan energi  serta penangkapan karbon dioksida, menurut surat edaran yang dirumuskan oleh NDRC bersama sembilan departemen lainnya.

Dukungan pendanaan, seperti investasi dari anggaran pusat, serta dukungan kebijakan keuangan dan perpajakan, akan diperkuat untuk proyek-proyek tersebut di atas, kata surat edaran itu.

Pada 2025, sejumlah pencapaian teknologi canggih ramah lingkungan dan rendah karbon akan diubah dan diterapkan, sementara kebijakan pendukung, model bisnis, dan mekanisme regulasi yang kondusif bagi promosi dan penerapan teknologi-teknologi tersebut akan disempurnakan secara bertahap.

Pada 2030, keunggulan kompetitif internasional dalam teknologi dan industri ramah lingkungan dan rendah karbon akan lebih diperkuat lagi, menurut dokumen tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023