Kemenparekraf sangat mengapresiasi organisasi ini yang selalu melakukan inovasi sejak pasca pandemi dengan membuat CHSE Wisata Selam
Jakarta (ANTARA) -
​​​​Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan organisasi Divers Alert Network (DAN) untuk meluncurkan program pelatihan medis penyelam guna mengembangkan kemampuan medis profesional dalam melayani kebutuhan wisatawan selam di Indonesia.
 
 
"Kemenparekraf sangat mengapresiasi organisasi ini yang selalu melakukan inovasi sejak pasca pandemi dengan membuat CHSE Wisata Selam," kata Direktur Wisata Minat Khusus di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Itok Parikesit dalam keterangan di Jakarta, Kamis.
 
 
Kegiatan pelatihan yang berlangsung dari 21 hingga 24 Agustus di Bali itu memberikan beberapa topik pelatihan terkait dengan penanganan medis penyelam seperti fisiologi bawah air, kebugaran untuk menyelam, penyakit dekompresi, manajemen klinis pra-rumah sakit dan definitif yang terkait, operasi di daerah terpencil, binatang laut berbahaya, dan keselamatan di ruang hiperbarik,
 
 
Dalam kegiatan itu, turut dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Kemenparekraf dengan pihak organisasi untuk melakukan assesment hyperbaric chamber di Manado, Labuan Bajo dan destinasi wisata unggulan lainnya.
 
Capaian dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan keterampilan medis dan penanganan ketika cedera saat wisata selam untuk menyiapkan Indonesia sebagai destinasi wisata selam yang aman dan nyaman.
 
Promosi wisata yang dilakukan Kemenparekraf tidak hanya menginformasikan mengenai keindahan bawah laut tetapi juga memberikan informasi mengenai rasa aman dan nyaman ketika terjadi kecelakaan saat penyelaman dan bagaimana cara penanganan yang cepat.
 
 
Lebih dari 50 peserta terpilih dari berbagai latar belakang medis, termasuk dokter, perawat, teknisi medis, dan profesional selam dari berbagai destinasi wisata selam di Indonesia, mengikuti pelatihan intensif selama empat hari yang mencakup berbagai aspek medis terkait penyelaman.
 
Kerja sama antara Kemenparekraf dan organisasi penyelam itu diharapkan akan menguatkan citra Indonesia sebagai destinasi wisata selam unggulan di mancanegara, sekaligus membantu meningkatkan keselamatan dan kualitas pengalaman selam bagi wisatawan.

Baca juga: Kemenparekraf bersama GIPI gelar WITF 2024 untuk promosikan pariwisata

Baca juga: Regulasi perizinan satu pintu konser musik masuk tahap finalisasi

Baca juga: Menparekraf: ArtMoments Jakarta dukung ekosistem ekonomi kreatif

Baca juga: Kemenparekraf dukung pengembangan kekayaan intelektual gim lokal

 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023