Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di YouTube menarasikan bahwa Presiden Jokowi menemui bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan yang bertujuan untuk menawarkan anaknya Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal calon wakil presiden.  

Foto dalam thumbnail video tersebut menampilkan Jokowi, Gibran dan Anies sedang berbincang disebuah ruangan.

Berikut narasi dalam video tersebut:

“Tak punya malu !! Jkw temui & tawarkan putranya jadi cawapres anies”

Namun, benarkah Jokowi temui Anies dan tawarkan Gibran jadi bakal cawapres Anies Baswedan?

 

Unggahan video hoaks yang menarasikan Jokowi temui Anies untuk menawarkan Gibran menjadi Cawapres Anies. Faktanya, isi video tidak sesuai dengan judul. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, isi video tersebut tidak ada narasi Jokowi menemui Anies dan menawarkan Gibran menjadi bacawapres Anies.

Selain itu, foto dalam thumbnail video tersebut merupakan editan. Foto aslinya serupa dengan unggahan foto di laman InfoPublik yang berjudul “Presiden Bertemu Gubernur dan Wagub DKI Jakarta”.

Dalam unggahan tersebut diberi keterangan Presiden Joko Widodo pada Rabu, 25 Oktober 2017, menerima kunjungan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Istana Merdeka Jakarta.

Presiden didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono yang membahas setidaknya enam topik, utamanya terkait persiapan Asian Games 2018.

Dengan demikian, unggahan yang menarasikan Jokowi temui Anies dan tawarkan Gibran jadi Cawapres merupakan hoaks.

Klaim: Foto Jokowi temui Anies dan tawarkan Gibran jadi bakal cawapres

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Jokowi resmi deklarasikan Gibran dengan Anies Baswedan

Cek fakta: Hoaks! Gibran dan Kaesang dipenjara

Baca juga: Gibran sebut tidak mungkin jadi cawapres PDIP

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023