Dampak polusi udara ini ada kaitannya dan berdampak juga terhadap klaim kesehatan kami
Jakarta (ANTARA) - Ketua Bidang Marketing & Komunikasi Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Novita Rumngangun menyebutkan meningkatnya klaim asuransi kesehatan selama semester I-2023 berkaitan dengan buruknya kualitas udara.

Pihaknya mencatat klaim asuransi kesehatan meningkat signifikan 35,3 persen year on year (yoy) menjadi Rp9,39 triliun selama semester I-2023, di tengah menurunnya sebagian besar nilai klaim pada industri asuransi jiwa nasional.

“Dampak polusi udara ini ada kaitannya dan berdampak juga terhadap klaim kesehatan kami,” ujar Novita dalam konferensi pers di Rumah AAJI Menteng Jakarta, Kamis.

Novita mengatakan tidak memiliki angka yang jelas secara keseluruhan industri, namun, menurutnya terdapat tren peningkatan klaim kesehatan yang salah satunya disebabkan oleh penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

Sebagai contoh, salah satu perusahaan asuransi di Indonesia melaporkan data klaim kesehatan yang menunjukkan bahwa ISPA merupakan penyakit dengan jumlah pengajuan klaim tertinggi dengan total lebih dari 9.300 pada periode Januari sampai Mei 2023.

Baca juga: AAJI: Pendapatan premi asuransi jiwa capai Rp86 triliun di semester I

Perusahaan asuransi tersebut menerima 760 pengajuan klaim terkait rawat inap, 8.181 pengajuan klaim terkait rawat jalan, serta 416 pengajuan klaim terkait kategori lainnya dengan Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

“Peningkatan paling tinggi terdapat pada pembayaran klaim asuransi kesehatan perorangan yang mencapai Rp5,89 triliun atau naik 36,1 persen,” ujar Novita.

Sementara itu, berdasarkan data IQAir, selama sepekan ini tercatat kualitas udara di DKI Jakarta pada Senin (21/08) di level 147 (tidak sehat bagi kelompok sensitif), pada Selasa (22/08) di level 158 (tidak sehat), pada Rabu (23/08) di level 155 (tidak sehat), dan pada Kamis (24/08) di level 156 (tidak sehat).

AAJI mencatat total klaim industri asuransi jiwa di Tanah Air mencapai Rp79,44 triliun selama semester I-2023, atau menurun 5,3 persen (yoy) dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca juga: AAJI catat hasil investasi industri asuransi jiwa tumbuh 241,5 persen

Baca juga: AAJI tegaskan bakal blacklist agen asuransi yang berbuat curang

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023