Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memimpin pertemuan tingkat tinggi dengan para menteri kesehatan di kawasan ASEAN dan Sekretariat ASEAN, Kamis, di Jakarta.

“Hari ini kami berdiskusi dengan Sekretariat ASEAN dan Menteri Kesehatan ASEAN untuk membahas mengenai upaya-upaya yang dapat dilakukan sektor keuangan dan kesehatan dalam memperkuat arsitektur kesehatan di ASEAN, terutama terkait pendanaan,” kata Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan tertulis Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, Kamis malam.

Indonesia selaku Ketua ASEAN 2023, kata Budi, mendorong kawasan ASEAN yang lebih kuat dan siap menghadapi tantangan kesehatan di masa kini dan masa yang akan datang serta memastikan seluruh negara di kawasan ASEAN memiliki akses yang mudah dan berkualitas terhadap dana kesehatan.

Budi mengatakan inisiatif itu sejalan dengan tema yang diusung dalam pertemuan Menteri Kesehatan (Menkes)  ASEAN, yaitu "Building a Sustainable and Resilient Future in The ASEAN Region: from Emergency Response to Long Term COVID-19 Disease Management".

Baca juga: Indonesia berinisiatif perluas pemanfaatan dana COVID-19 ASEAN
Baca juga: Menkes: Siklus panjang pandemi butuh konsolidasi pendanaan di ASEAN


Pertemuan tersebut menjadi sarana bagi para Menteri Kesehatan ASEAN untuk saling berbagi pengalaman dan pembelajaran negara-negara ASEAN dalam menangani pandemi COVID-19 dengan fokus pada upaya persiapan transisi dari tanggap darurat ke penanganan COVID-19 jangka panjang.

Pertemuan tersebut, kata dia, juga untuk mengidentifikasi dukungan, memperkuat pengawasan penyakit menular di kawasan, inisiatif kolaboratif lainnya melalui kerja sama bilateral, dan multilateral, serta kolaborasi dengan mitra pembangunan, entitas regional, dan global lainnya untuk memperkuat arsitektur kesehatan regional di era darurat pasca-COVID-19.

Terakhir, para Menteri Kesehatan  ASEAN turut memberikan masukan kepada para pemimpin ASEAN dalam menyikapi situasi kesehatan global saat ini guna membuka jalan bagi penanganan COVID-19 dalam jangka panjang.

“Pertemuan siang ini mengakui peran pentingnya kepemimpinan yang diambil oleh sektor keuangan dan kesehatan di ASEAN dalam memulai kolaborasi yang lebih kuat antara keuangan dan kesehatan yang bertujuan untuk memperkuat keamanan kesehatan regional,” katanya.

ASEAN Health Ministers Meeting (AHMM) digelar selama 24--25 Agustus 2023 di Jakarta. Pertemuan diawali dengan ASEAN Finance-Health Ministers Meeting (AFHMM) pada hari ini dan dilanjutkan dengan pertemuan informal untuk menindaklanjuti hasil AFHMM dan ditutup dengan pertemuan tingkat tinggi Menkes ASEAN.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023