Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan Kamis (24/8) kemarin mulai dari Presiden RI Joko Widodo tiba di Johannesburg, Republik Afrika Selatan, usai meninggalkan Mozambik hingga respons KPK terkait pernyataan Presiden Ke-5 Indonesia Megawati Soekarnoputri untuk membubarkan lembaga antirasuah.

Berikut lima berita politik menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. Presiden Jokowi tiba di Johannesburg Afrika Selatan

Presiden Joko Widodo tiba di Johannesburg, Republik Afrika Selatan, Rabu (23/8) petang untuk melanjutkan rangkaian kunjungannya di Benua Afrika.

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis dini hari, Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1) yang membawa Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Bandar Udara Internasional O.R. Tambo, Johannesburg, Republik Afrika Selatan sekitar pukul 17.00 waktu setempat.

Kunjungan ini dilakukan setelah sebelumnya Joko Widodo berkunjung ke Mozambik.

Selengkapnya klik di sini.


2. Komisi IV DPR dengarkan kajian terkait ekspor benih bening lobster

Komisi IV DPR mendengarkan masukan dan kajian terkait kebijakan larangan ekspor benih bening lobster (BBL) atau benur dari Pegiat Budidaya Lobster Nusantara atau PBLN.

"Kami dari Komisi IV sangat memperhatikan persoalan nelayan dan ini merupakan mekanisme yang kami lakukan untuk mendengarkan aspirasi dari masyarakat," kata Wakil Ketua Komisi IV DPR Anggia Erma Rini dalam rapat bersama PBLN di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/8).

Selengkapnya klik di sini.


3. Ketua DPR dorong pemerintah dan pelaku industri berdayakan korban PHK

Ketua DPR RI Puan Maharani mendorong pemerintah dan pelaku industri untuk berkolaborasi dalam memberdayakan korban pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Pemerintah dapat memberikan bantuan kepada pekerja yang terkena PHK, seperti pelatihan keterampilan dan bantuan mencari kerja. Perusahaan dapat menciptakan lapangan kerja dengan membuka investasi dan mengembangkan teknologi baru," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (23/8).

Selengkapnya klik di sini.


4. Megawati minta Pemerintah pastikan kualitas udara di IKN terjaga

Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri meminta Pemerintah memastikan kualitas udara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, terjaga.

Saat bertemu dengan para budayawan dan seniman di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Rabu (23/8), Megawati mengaku telah menyampaikan hal itu secara langsung kepada Presiden Joko Widodo.

"Saya bilang sama Pak Jokowi, Pak Jokowi IKN iku seger opo ora? (IKN itu segar atau tidak)? Saya kalau sama beliau suka (berkomunikasi menggunakan) Bahasa Jawa," kata Megawati.

Selengkapnya klik di sini.


5. Wakil Ketua KPK nilai pernyataan Megawati sebagai bentuk keprihatinan

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata menilai pernyataan Megawati Soekarnoputri soal pembubaran lembaga antirasuah tersebut adalah bentuk keprihatinan terhadap situasi saat ini.

"Terkait pembubaran KPK, sebenarnya kan pernyataan Bu Mega sudah diklarifikasi oleh Pak Sekjen (PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto). Barangkali Bu Mega itu prihatin sudah 20 tahun KPK berdiri kenapa korupsi masih terjadi. Bahkan, kalau dilihat dari indeks persepsi korupsi, malah turun," kata Alex di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (23/8) malam.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023