"Kami berharap kegiatan ini dapat membangun pemahaman yang sama dan meningkatkan keahlian serta pelayanan di bidang teknologi informasi,"
Pangkalpinang (ANTARA) - Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Sekjen Kemenkumham Republik Indonesia melakukan supervisi dan pelatihan pelayanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna meningkatkan kualitas layanan berbasis teknologi informasi.

"Kami berharap kegiatan ini dapat membangun pemahaman yang sama dan meningkatkan keahlian serta pelayanan di bidang teknologi informasi," kata Plh Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Babel Eva Gantini di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan supervisi dan training of trainers ini diikuti 30 peserta terdiri dari pengelola teknologi dan informasi dari tiap divisi dan unit pelaksana teknis, serta admin tata usaha di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kepulauan Babel, sebagai langkah meningkatkan kualitas pelayanan berbasis digital.

"Dengan adanya pelatihan ini tentunya dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya,"ujarnya.

Menurut dia tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik secara nasional diperlukan untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Selain itu, untuk menjamin keberlangsungan dan peningkatan mutu layanan dalam SPBE juga perlu dilakukan manajemen sumber daya manusia di bidang teknologi informasi.

“Manajemen sumber daya manusia dapat dilakukan melalui serangkaian proses perencanaan, pengembangan, pembinaan, dan pendayagunaan sumber daya manusia dalam SPBE kementerian," katanya.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Tim Pusdatin yaitu, Pengelola Jaringan Dokumentasi Dinda Ayu Nurmalasari menyampaikan tentang Supervisi Layanan Teknologi Informasi dan Administrasi Bersurat Elektronik (ABE).

Pranata Komputer Ahli Pertama Astrid Febrianca dengan materi tentang Supervisi Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Narasumber lainnya yaitu, Pranata Komputer Ahli Pertama Purina Qurota Ayunin, yang menjelaskan tentang Secure Computer User, dan Pranata Komputer Ahli Pertama Mochammad Fahmi, yang melakukan Training of Trainers tentang Pengelolaan Laman Satuan Kerja. ***2***

Pewarta: Aprionis
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023