Sekitar pukul 10.30 WIB, kepulan asap terlihat oleh masyarakat di kawasan Blok Batu Kuda. Warga di sekitar lokasi melakukan upaya pemadaman dan melaporkan kepada pihak terkait
Kuningan (ANTARA) - Petugas gabungan dari sejumlah instansi dan masyarakat masih terus melakukan pemadaman kebakaran hutan yang terjadi di Blok Batu Kuda, Bukit Seribu Bintang, kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Jumat malam.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Indra Bayu mengatakan kebakaran hutan baru diketahui oleh warga sekitar di Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, yang melihat adanya kobaran api sejak Jumat siang.

"Sekitar pukul 10.30 WIB, kepulan asap terlihat oleh masyarakat di kawasan Blok Batu Kuda. Warga di sekitar lokasi melakukan upaya pemadaman dan melaporkan kepada pihak terkait," kata Indra.

Ia menyampaikan kebakaran itu belum dapat diketahui penyebab pastinya dan berapa luas lahan yang terdampak, tapi dipastikan membakar berbagai macam tumbuhan yang hidup di areal hutan yang didominasi vegetasi alang-alang.

Baca juga: BPBD Kuningan petakan kawasan hutan Gunung Ciremai rawan kebakaran

Petugas gabungan dari berbagai instansi, kata Indra, masih berupaya memadamkan api agar tidak terus meluas yang dikhawatirkan menyebar ke Kebun Raya Kuningan.

"Saat ini api berada pada wilayah yang sulit dijangkau karena medan berbatu, berbahaya," kata Indra.

Kepala Balai TNGC Maman Surahman menambahkan sudah menerjunkan sejumlah petugas untuk melakukan pemadaman yang sampai saat ini sekitar pukul 20.00 WIB api belum bisa dipadamkan.

"Kami lagi sibuk kendalikan api," kata Maman.

Baca juga: Kebakaran hutan Gunung Ciremai dapat dikendalikan


 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023