Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis bedah onkologi (kanker) dan doktor Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr. dr. Diani Kartini, SpB(K)Onk menyebut 75 hingga 85 persen kasus kanker kepala dan leher disebabkan dari penggunaan tembakau.

Penggunaan tembakau tersebut termasuk dalam bentuk merokok linting, cerutu, pipa, bahkan mengonsumsi tembakau kunyah secara rutin.

“Tembakau adalah faktor risiko paling besar untuk kanker kepala dan leher, termasuk kebersihan mulut,” ujar Diani pada diskusi daring RS Medistra, Jumat.

Baca juga: Pasien kanker kepala dan leher bisa alami gangguan psikiatri

Diani mengatakan kanker kepala dan leher adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan kanker yang berkembang di mulut, tenggorokan, hidung, kelenjar ludah, atau area lain di kepala dan leher. Kanker ini biasanya muncul di sel skuamosa yang melapisi mulut, tenggorokan (faring), dan kotak suara (laring).

Karena lokasinya yang terletak di saluran pernapasan, kanker kepala dan leher serta efek samping pengobatannya dapat mengganggu kemampuan penderitanya untuk makan, menelan, dan bernapas.

Diani menyebut jenis kanker kepala dan leher yang paling sering dan banyak dialami di Indonesia adalah kanker nasofaring, tiroid, dan rongga mulut.

“Tiroid gejalanya adalah adanya benjolan di leher, kalau kanker rongga mulut jumlahnya lebih sedikit tapi ini serius, salah satu cirinya adalah sariawan yang tak kunjung sembuh bisa lebih dari dua minggu,” jelas Diani.

Baca juga: Ilmuwan temukan kombinasi obat untuk kanker kepala dan leher

Selain tembakau, mengonsumsi alkohol secara rutin juga merupakan faktor risiko terbesar penyebab kanker kepala dan leher. Diani menganjurkan masyarakat untuk lebih peduli dengan kesehatan diri ketimbang mengedepankan kepuasan sementara, seperti menghindari produk tembakau dan minuman beralkohol. Pola hidup sehat dan olahraga rutin merupakan solusi terbaik dari segala penyakit.

Diketahui, Indonesia menempati posisi ke-3 setelah India dan China dengan jumlah perokok terbanyak di dunia. Statista Consumer Insights mencatat terdapat 112 juta perokok di Indonesia pada 2021, dan jumlah ini diproyeksikan akan bertambah menjadi 123 juta perokok pada 2030. Sementara Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan tahun 2018 mencatat jumlah perokok laki-laki Indonesia usia di atas 15 tahun mencapai 62,9 persen.

Baca juga: Mengenal kanker kepala dan leher, risiko dan pengobatan

Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023