Buktikan, kita diperhitungkan dan kasih yang terbaik
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memberikan doa terbaik untuk tim nasional Indonesia U-23 yang akan berlaga pada final Piala AFF U-23 melawan Vietnam U-23 di Stadion Provinsi Rayong, Thailand, Sabtu (26/8) pukul 20.00 WIB.

“Buktikan, kita diperhitungkan dan kasih yang terbaik,” ucap Erick di sela-sela kehadirannya pada pembukaan FIBA Basketball World Cup 2023 yang kemudian menyuguhkan laga antara Prancis melawan Kanada itu di Indonesia Arena, kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat.

Indonesia melaju pada partai final setelah di semifinal mengalahkan tim tuan rumah Thailand dengan skor 3-1, Kamis (24/8). Melalui gol dari Kelly Sroyer, Muhammad Ferarri, dan gol bunuh diri Natcha Promsomboon serta hanya kebobolan satu gol dari pihak lawan melalui Chukid Wanprahao, tim asuhan Shin Tae-yong itu mencetak sejarah dimana mampu mematahkan kutukan tidak pernah menang melawan tim Gajah Putih di kandangnya sendiri selama 38 tahun lamanya sejak 1985.

Baca juga: Indonesia putus rekor 38 tahun tak pernah menang di kandang Thailand

Sebagai pelatih, Shin Tae-yong juga menorehkan rekor tersendiri karena akhirnya mampu mengalahkan Thailand sejak menukangi timnas pada akhir 2019. Statistik menunjukkan pelatih asal Korea Selatan itu meraih empat seri dan dua kalah, sebelum kemenangan melawan Thailand di semifinal Piala AFF U-23.

“38 tahun kita tidak pernah mengalahkan Thailand di rumahnya. Ini anugerah dari Allah kita masuk final AFF,” tambahnya.

Laga final yang akan dimainkan Sabtu malam nanti, kata Erick, ia akan memberikan dukungan langsung kepada skuat Merah Putih dengan menyaksikan langsung di stadion tempat laga final dihelat, Stadion Provinsi Rayong.

“Insya Allah besok saya akan datang ke sana apapun hasilnya mendukung timnas Indonesia,” ucap pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia tersebut.

Baca juga: Menpora yakin Indonesia bisa juara AFF U-23 2023

Menang melawan Thailand pada semifinal Piala AFF U-23 menjadi kemenangan kedua Indonesia dari Thailand secara berturut-turut dimana yang pertama terjadi pada laga final SEA Games 2023 Kamboja. Saat itu, timnas U-22 asuhan pelatih Indra Sjafri memenangkan laga dengan skor 5-2.

Kemenangan di laga final AFF U-23 nanti tentunya akan menyempurnakan penampilan Ramadhan Sananta dan kawan-kawan yang tidak hanya mematahkan rekor tidak pernah menang selama 38 tahun melawan tim Gajah Putih di kandangnya, tapi juga mampu menjuarai AFF U-23 di negara yang dengan Ibukota Bangkok tersebut.

“Wah saya nggak berani feeling-feeling, yang penting besok sampe dulu, ya pasti maunya menanglah, kalau 2-1? Aamiin,” prediksi Erick.

Lebih lanjut, pria 53 tahun tersebut mengisyaratkan akan memberikan bonus kepada timnas Indonesia U-23 jika berhasil menjuarai piala AFF U-23.

“Seperti biasa bonus nggak sih?,” kata Erick.

Baca juga: Kondisi dan mental yang bagus jadi kunci Indonesia kalahkan Thailand

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023